Kesehatan

Selain Manis, Gula Aren Pun Kaya Empat Manfaat Ini

Minggu, 06 Juni 2021 - 03:17 | 97.04k
Gula aren terbuat dari air perasan tanaman Nira (Sumber: Pinterest)
Gula aren terbuat dari air perasan tanaman Nira (Sumber: Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTAGula aren atau biasa disebut brown sugar sekarang menjadi tren karena menjadi tambahan rasa manis yang unik untuk minuman.

Gula yang terbuat dari nira ataucairan yang keluar dari batang tanaman pohon aren ini, kerap dijadikan alternatif penggunaan gula putih.

Dilansir dari US Department of Agriculture, gula aren mengandung 337 kkal dalam 100 gram penyajian. Selain itu, 100 gram gula aren juga mengandung 84,21 gram karbohdirat, 211 mg garam, dan 84,21 gram gula.

Khasiat gula aren untuk kesehatan adalah karena ia dikenal sebagai gula alami yang melibatkan pemrosesan minimal dan tidak ada bahan kimia yang digunakan. Gula aren sendiri tersedia dalam bentuk blok, butiran dan cair.

Inilah beberapa manfaat yang didapat saat mengkonsumsi gula aren dengan takaran yang pas.

1. Menurunkan berat badan

Dibandingkan gula putih, gula aren cenderung rendah kalori. Konsumsi gula aren dalam jumlah cukup mampu mengontrol berat badan dan mencegah timbulnya obesitas. Satu sendok teh (4 gram) gula aren bisa mengandung 15 kalori, sedangkan jumlah gula putih yang sama mengandung 16,3 kalori.

Kalori rendah dalam gula aren sangat cocok untuk menurunkan berat badan secara efektif. Gula aren bisa menjadi alternatif pemanis untuk diet. Kelebihan berat badan dan obesitas adalah faktor risiko diabetes dan komplikasinya. Namun, jumlah konsumsinya juga perlu diperhatikan agar tidak berlebihan.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Gula aren diperkaya dengan antioksidan cukup tinggi, kita tahu bahwa antioksidan dapat menghambat radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Antioksidan juga dapat membantu pencegahan dan peradangan karena infeksi yang dapat menurunkan kekebalan tubuh.

Gula aren berfungsi pengganti energi yang cepat maka dari itu tubuh kita terhindar dari lesu,letih dan lemah hingga dapat memberikan energi lebih.

3. Melancarkan Pencernaan

Gula aren mengandung serat yang dapat membantu proses metabolisme di dalam tubuh secara optimal. Inulin dalam gula aren juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Inulin adalah serat prebiotik yang dapat difermentasi yang bermanfaat bagi bakteri usus.

4. Mampu Mengatasi Anemia

Selain serat dan beberapa vitamin, ternyata gula aren mengandung zat besi yang cukup untuk tubuh kita. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak dapat memproduksi cukup zat dalam sel darah merah yang memungkinkan mereka membawa oksigen (hemoglobin).

Akibatnya tubuh akan terasa lelah dan pusing. Namun, hanya karena gula aren berdampak lebih rendah pada kadar gula darah, tidak berarti gula tersebut bisa dikonsumsi sebanyak-banyak.

Itulah manfaat gula aren jika dikonsumsi dalam takaran tepat. Ingat, mengonsumsi dalam jumlah berlebihan juga akan meningkatkan kadar gula darah yang terlalu tinggi. Alhasil, manfaat gula aren justru akan berubah menjadi bahaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES