Kesehatan

Yuk, Atasi Radang Tenggorokan dengan Resep Berikut

Minggu, 06 Juni 2021 - 01:33 | 77.31k
Ilustrasi: Radang tenggorokan. (Foto: Adobe Stock/sorapop)
Ilustrasi: Radang tenggorokan. (Foto: Adobe Stock/sorapop)

TIMESINDONESIA, JAKARTARadang tenggorokan cukup mengganggu kegiatan kita sehari-hari. Rasa tak nyaman dan kaku di leher bahkan panas badan yang seringnya menyertai membuat hari jadi kelabu.

Namun jangan khawatir, ada pertolongan pertama yang bisa dilakukan di rumah untuk mengatasinya. Nah, apa saja tips mengatasi radang tenggorokan tersebut? Cek daftarnya berikut.

1. Air putih dan sup hangat

Minum lebih banyak air putih hangat untuk membantu menenangkan tenggorokan. Saat ini anda perlu menjaga tubuh anda agar tak dehidrasi.  Anda juga bisa mengkonsumsi kuah sup hangat seperti soto, rawon, sayur sop, dan lainnya.

Baik air ataupun sup hangat akan membantu anda membersihkan selaput lendir, menjaga aliran darah, dan mencegah infeksi sinus. Suhu hangat juga dapat menenangkan bagian belakang tenggorokan dan mengurangi batuk.

2. Berkumur

Larutkan 1/2 sendok teh garam dalam segelas air hangat. Berkumurlah, tapi jangan ditelan. Lakukan setiap tiga jam. Ini akan menjadi obat alami yang membantu anda meringankan rasa sakit karena membantu mengurangi pembengkakan dan iritasi di tenggorokan anda.

3. Antihistamin atau pereda nyeri

Antihistamin dan pereda nyeri dapat meredakan sakit tenggorokan. Antihistamin akan mengatasi beberapa rasa sakit yang terletak sedikit lebih dalam di kelenjar dan bagian lain dari leher.

Antihistamin juga membantu sistem kekebalan tubuh anda melawan zat asing. Tetapi pastikan anda tidak memiliki alergi terhadap obat-obatan tertentu sebelum anda meminumnya.

4. Obat herbal

Obat Herbal menjadi salah satu obat alami untuk radang tenggorokan. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan cara mencampurkan kayu manis, pala, jahe, kencur, dan madu dalam satu gelas air hangat. 

Minum selagi hangat akan melegakan tenggorokan dan menghilangkan rasa sakit. Anda juga bisa membuat campuran jahe dan madu saja jika tidak tahan dengan bau rempah lainnya.

Jika anda tidak memilikinya, membeli Ronde di kedai terdekat juga menjadi salah satu alternatif untuk meredakan Radang tenggorokan anda. Jika belum reda juga, segera kunjungi dokter terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES