Olahraga

Timnas Indonesia Memiliki Rataan Usia Pemain Termuda di Grup G, Thailand Tertua

Sabtu, 05 Juni 2021 - 07:44 | 83.31k
Para penggawa Timnas Indonesia melakukan selebrasi usai mencetak gol pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022. (FOTO: dok. PSSI)
Para penggawa Timnas Indonesia melakukan selebrasi usai mencetak gol pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022. (FOTO: dok. PSSI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pasca timnas Indonesia menahan imbang Thailand pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Kamis (3/6/2021) kemarin, penampilan anak asuh Shin Tae Yong jadi sorotan.

Menurut data statistik Lapangbola.com yang merupakan partner resmi PT. LIB, Timnas Indonesia pada pertandingan kemarin hanya mampu mencatatkan 36 persen penguasaan bola.

Selain itu banyaknya fouls dan tackles yang tercipta menunjukkan kesulitan Evan Dimas dan kawan-kawan dalam merebut bola.

Selanjutnya total pass yang dibuat Indonesia terhitung hanya 258 kali, sementara Thailand menorehkan 430 kali umpan. Artinya skema umpan-umpan pendek antar pemain Negeri Gajah Putih itu berjalan baik.

Timnas Indonesia 1

Meski kalah dalam penguasaan bola,  Indonesia mampu mengimbangi permainan Thailand. Terbukti dari selisih shots on target dan shots off target yang tak terlampau jauh. Empat kali tembakan tepat sasaran dibalas tiga kali tembakan tepat sasaran.

Angka akurasi dari umpan-umpan yang tercipta pun hanya selisih 5 persen. Evan Dimas tampil apik dengan shots on target terbanyak yakni dua kali berturut-turut. Sementara Arif Satria, pemain asal Persebaya menyumbangkan succsess passes sebanyak 25 kali.

Kualifikasi Piala dunia zona Asia

Menariknya, rataan usia pemain Timnas Indonesia adalah yang paling muda dibandingkan anggota grup G lainnya.

Hal ini tak terlepas dari tekad pelatih Shin Tae Yong untuk menempa pemain-pemain muda ketimbang membawa pemain senior seperti Marc Klok yang menjadi Best Player di Piala Menpora 2021.

Di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, pemain Timnas Indonesia jika dirata-rata memiliki usia 22.08 tahun, berikutnya ada Vietnam dengan rataan usia 24.48 tahun, Uni Emirat Arab 26.16 tahun, Malaysia dengan 26.83 tahun, dan Thailand memiliki rataan usia pemain tertua yakni 26.88 tahun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES