Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Video Ratusan Kantong Jenazah Covid-19 Isinya Kertas

Sabtu, 05 Juni 2021 - 17:11 | 121.72k
Sebuah video menampilkan ratusan kantong Jenazah Covid-19 berisi kertas.
Sebuah video menampilkan ratusan kantong Jenazah Covid-19 berisi kertas.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar informasi berupa video dengan klaim bahwa 450 kantong jenazah Covid-19 hanya berisi kertas. Informasi tersebut diunggah oleh akun Facebook Minel Minell Bișa.

Berikut narasi yang menyertai video:

“450 de “morti de covid”.
De fapt,erau 450 de saci umpluti cu hârtie.
Asa este in toată lumea.”

(“450 “kematian karena covid”. Padahal, ada 450 kantong berisi kertas. Begitulah yang terjadi di seluruh dunia.” terjemahan) 

Informasi tersebut telah mendapat 10 komentar, 45 kali dibagikan.

cek fakta jenazah covid 2Sumber: Tangkapan layar Facebook

CEK FAKTA 

Penelusuran Tim Cek Fakta melalui mesin pencari ditemukan bahwa video tersebut berlokasikan di Venezuela. 

Video tersebut merupakan aksi mahasiswa kedokteran Universidad Central de Venezuela dengan kantong jenazah berisi kertas sebagai bentuk protes banyaknya nakes yang meninggal akibat Covid-19 pada 6 April 2021.

Mengutip artikel cek fakta tempo.co, video tersebut merupakan aksi unjuk rasa mahasiswa kedokteran Universidad Central de Venezuela pada 6 April 2021. Aksi unjuk rasa menggunakan properti berupa beberapa kantong hitam berisikan kertas, sebagai bentuk protes banyaknya tenaga kesehatan yang meninggal karena Covid-19, serta terbatasnya vaksin Covid-19 untuk tenaga kesehatan. 

cek-fakta-jenazah-covid-3.jpgSumber: Keliru, Klaim Ini Video Ratusan Kantong Jenazah Covid-19 Palsu yang Berisi Kertas | Tempo

Aksi unjuk rasa tersebut juga diliput oleh media radio Caracas dan stasiun televisi El Pitazo pada 6 April 2021 dengan beberapa foto dan video yang menampilkan hal yang serupa dengan video yang diklaim adalah 450 kantong jenazah Covid-19 berisikan kertas.

Sumber:

Twitter/@RCR750

Twitter/@ElPitazoTV

KESIMPULAN

Informasi yang menyebut bahwa video 450 kantong jenazah Covid-19 berisikan kertas adalah salah.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori misleading content (konten menyesatkan). Misleading content terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES