Politik

Empat Anaknya Jadi Bupati, Begini Ungkapan Muhammad Taher Mus

Jumat, 04 Juni 2021 - 22:15 | 277.50k
Muhammad Taher Mus ketika diwawancarai awak media di kantor Gubernur Malut, Sofifi, Jumat (4/5/2021). (Foto: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)
Muhammad Taher Mus ketika diwawancarai awak media di kantor Gubernur Malut, Sofifi, Jumat (4/5/2021). (Foto: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SOFIFI – Sebagai orangtua, Muhammad Taher Mus layak disematkan sebagai orangtua yang paling bahagia. Bagaimana tidak, anak-anaknya kini sudah terbilang sukses. Ada yang jadi Kepala Dinas, Bupati, hingga Anggota DPR RI.

Keluarga Mus memang sudah terkenal di Maluku Utara. Selain menjadi penguasa di sejumlah kabupaten, keluarga ini juga turut aktif dalam pemilihan Gubernur. Sebut saja Ahmad Hidayat Mus, yang dua kali mencalonkan diri sebagai Gubernur periode 2015-2019 dan 2019-2024.

Kepada TIMES Indonesia, Taher Mus mengungkapkan rasa bangga kepada anak-anaknya yang dipercayakan oleh masyarakat untuk menjadi pemimpin. Sebagai ayah, kata Taher Mus, dirinya sangat tegas dalam mendidik anaknya. 

"Saya sedikit keras dalam mendidik anak, tapi itu semua demi mereka, agar tidak terjerumus dalam hal-hal yang tidak kita inginkan," kata Taher Mus usai acara pelantikan anak perempuannya Fifian Adeningsih Mus sebagai Bupati Sula di Sofifi, Jumat (4/5/2021).

Dia bercerita menjadikan anak sebagai orang baik dan bermanfaat bagi orang banyak bukan saja dari dirinya. Melainkan dari kakek dan leluhur. Sejak kecil, dirinya sendiri mendapat didikan yang serupa. 

Semasa kecil hingga masuk perguruan tinggi, Taher Mus tidak mengizinkan anaknya memiliki kendaraan. Ia lebih memilih mereka menggunakan kendaraan umum untuk bepergian.

Keluarga Mus

Foto bersama, Muhammad Taher Mus (kedua dari kiri), anaknya Alien Mus (pertama dari kiri), Aliong Mus (pertama dari kanan), Fifian Adeningsih Mus (ketiga dari kiri) dan Wakil Bupati Sula Saleh Marasabessy (tengah).. (Foto: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)

Meski anaknya sudah menjadi kepala daerah, Taher Mus masih tetap mengawasi serta mengingatkan mereka agar tetap berada dalam koridor pemerintahan yang baik. "Tidak hanya pesan, tetapi saya selalu memberikan pengertian setiap waktu,"ujarnya 

Khusus untuk Fifian Adeningsih Mus yang baru saja dilantik, Taher Mus meyakini anaknya itu mampu memimpin Kepulauan Sula yang lebih baik. Oleh karena itu, dirinya mengajak masyarakat Sula juga turut membantu agar terwujudnya Sula Bahagia. 

"Saya menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Sula yang telah percayakan Fifian sebagai Bupati. Mari kita bersama-sama bersinergi demi kepentingan masyarakat banyak,"tandasnya 

Penelusuran TIMES Indonesia dari berbagai sumber, anak Muhammad Taher Mus yang pertama kali menjadi Bupati adalah H. Ahmad Hidayat Mus. Pria yang kerap disapa AHM itu lahir di Gela, Taliabu Utara, Pulau Taliabu, Maluku Utara, pada  2 Juni 1969. 

AHM merupakan politisi partai Golkar yang menjadi Bupati Kepulauan Sula dua periode, dengan masa jabatan 2005- 2010 dan 2010 –2015. 

H. Aliong Mus, lahir di Gela, Pulau Taliabu, 3 Oktober 1977, yang merupakan politisi Partai Golkar yang menjabat sebagai Bupati Pulau Taliabu dua periode dengan masa jabatan 2016–2021 dan 2021–2024. 

Tak hanya di Maluku Utara, keluarga Mus juga menjadi Bupati di Banggai Kepulauan, Provinsi Sulawesi Timur. Dia adalah Zainal Mus, menjabat Bupati pada 22 Mei 2017–9 Juli 2018. 

Kemudian yang terbaru adalah, Fifian Adeningsih Mus yang dilantik menjadi Bupati Kepulauan Sula periode 2021-2024, dan merupakan perempuan pertama yang menjadi Bupati di Maluku Utara. Fifian sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pulau Taliabu. 

Selain itu, ada Alien Mus, anak perempuan Muhammad Taher Mus yang pernah menjadi Ketua DPRD Provinsi Maluku Utara perempuan pertama, dan saat ini menjadi Anggota Komisi IV DPR RI periode 2019-2024. Alien juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Maluku Utara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES