Ekonomi

Wujudkan Desa Cantik, BPS Luncurkan Aplikasi PULSA

Jumat, 04 Juni 2021 - 15:48 | 54.11k
Kepala Pusdiklat BPS, Eni Lestari Ningsih  saat berkunjung ke Sumedang (FOTO: Alan Dahlan/TIMES Indonesia)
Kepala Pusdiklat BPS, Eni Lestari Ningsih saat berkunjung ke Sumedang (FOTO: Alan Dahlan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMEDANG – Guna mendukung program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik), Badan Pusat Statistik (BPS) meluncurkan aplikasi PULSA yakni, Pusat Layanan Pembelajaran Statistik.

PULSA juga merupakan sebuah media pembelajaran statistik digital yang dapat diakses melalui perangkat smartphone. 

"Saat ini, PULSA dikembangkan dalam perangkat berbasis android. PULSA dievaluasi secara berkala dan juga akan dikembangkan agar dapat berjalan pada perangkat iOS," ucap Kepala Pusdiklat BPS Eni Lestari Ningsih, S.Si.,MA, kepada wartawan di Sumedang, Jumat (4/6/21). 

Menurut Eni, melalui aplikasi PULSA kegiatan pembelajaran dapat dilakukan secara virtual atau online berupa pelatihan pembelajaran dalam melakukan pengelolaan, penggunaan, pemanfaatan data dan statistik desa.

Juga sebagai sarana pendampingan, pembinaan Pokja relawan pendataan desa dan kader desa. Hingga pemantauan dan evaluasi kegiatan pembinaan Desa Cantik.

Eni melanjutkan, bahwa aplikasi PULSA, memiliki beberapa fitur utama yaitu materi pembelajaran digital, knowledge management system, dan shared learning.

"Materi pelatihan diletakkan pada halaman depan yang berisikan beberapa informasi terkait PULSA dalam bentuk berita dan daftar kategori serta materi terbaru mengenai pembelajaran. Pengguna akan langsung disajikan beberapa pilihan materi yang ada serta sekaligus dapat menggunakan fitur search untuk mencari materi yang diinginkan," terangnya.

Kemudian, sambung Eni, menu Knowledge Management System (KMS), mencakup semua pengetahuan terkait statistik untuk memudahkan pengguna dalam pencarian materi. Bahkan, disediakan beberapa kata kunci yang dapat dipilih dan sesuai dengan masing-masing materi. Apabila tidak ada dalam daftar kata kunci yang telah disediakan, pengguna juga dapat menggunakan fitur search untuk menuliskan kata kunci yang diinginkan.

"Sedangkan Shared learning, memberikan wadah bagi para pengguna untuk berbagi pengetahuan maupun pengalaman terkait kegiatan statistik. Menu shared learning berisi gambar serta deskripsi dan lampiran yang dibagikan oleh pengguna. Pengguna lainnya juga dapat memberikan apresiasinya berupa tombol suka dan kolom komentar di masing-masing kontennya," papar Eni terkait aplikasi PULSA. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES