Kesehatan

Empat Makanan Berbahaya untuk Penderita Asam Urat

Jumat, 04 Juni 2021 - 13:46 | 216.99k
Ilustrasi pengkristalan sendi di daerah jempol kaki itu adalah salah satu gejala asam urat (Sumber: Pinterest)
Ilustrasi pengkristalan sendi di daerah jempol kaki itu adalah salah satu gejala asam urat (Sumber: Pinterest)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penyakit asam urat dapat diartikan sebagai nyeri hebat, pembengkakan serta adanya rasa seperti terbakar di persendian. Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Umumnya, penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang pria, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Pada wanita, penyakit asam urat ini dapat muncul setelah terkena menopause. Rasa sakit yang dialami pengidap asam urat dapat berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari, dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama.

Sering kali orang salah kaprah dan menyamakan penyakit asam urat dengan rematik. Padahal, rematik adalah istilah yang menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan.

Inilah beberapa faktor penyebab asam urat antara lain mengkonsumsi makanan ber Odds Ratio tinggi, terlalu banyak konsumsi gula, menggunakan obat-obatan dengan jenis tertentu dan memiliki riwayat penyakit asam urat.

Odds Ratio (OR) adalah ukuran asosiasi paparan (faktor risiko) dengan kejadian penyakit; dihitung dari angka kejadian penyakit pada kelompok berisiko (terpapar faktor risiko) dibanding angka kejadian penyakit pada kelompok yang tidak berisiko (tidak terpapar faktor risiko).

Makanan tersebut dihitung dengan Odds Ratio, jika makanan tersebut semakin tinggi Odd Ratio nya maka semakin tidak dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Batas makanan tersebut jika mempunyai Odd ratio diatas ukuran 1, maka itu akan sangat menganggu penderita asam urat, ini lah empat makanan yang harus dihindari penderita asam urat

1. Alkohol
Dengan Odds Ratio 2,58 dengan jenis apapun mulai dari wine,beer dan whiskey ini sangat berbahaya untuk pengidap asam urat. Bagi penderita asam urat harus dihindari mengkonsumsi alkohol.

2. Frutose
Dengan Odds Ratio 2,14, frutose adalah tipe makanan maupun minuman yang manis misalnya sirup,madu, soda yang perisa manis. Tidak hanya itu buah-buahan yang perlu di hindari adalah mangga, anggur, pear dan semangka ini dapat menyebapkan penyakit asam urat.

3. Seafood
Dengan Odds Ratio 1,31 beberapa seafood yang harus dihindari adalah scalop,cumi-cumi, udang, oyster, kepiting dan lobster sangat tidak bagus untuk penderita asam urat.

4. Daging merah
Daging merah atau biasa disebut red meat dengan Odds Ratio 1,25 seperti daging sapi, babi dan kambing. Karena daging jenis ini mengandung purin tinggi maka dari itu dapat menyebabkan asam yang berlebihan dikeluarkan oleh tubuh melalui urine.

Jika kadar purin sudah terlalu banyak, tubuh akan sulit membuang kelebihan asam urat dalam tubuh dan jika dibiarkan dalam waktu yang cukup lama, asam urat menumpuk dan membentuk kristal tajam pada sendi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES