Olahraga

5 Catatan Menarik Timnas Indonesia Saat Imbangi Thailand

Jumat, 04 Juni 2021 - 10:37 | 51.74k
Reaksi Timnas Indonesia setelah menahan imbang Thailand. (FOTO: pssi.org)
Reaksi Timnas Indonesia setelah menahan imbang Thailand. (FOTO: pssi.org)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Keberhasilan Timnas Indonesia dalam menahan imbang Thailand dengan skor 2-2 dalam pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Al-Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Jumat (4/6/2021) dini hari. memunculkan empat catatan menarik. Apa saja?

1.      Skuad dengan  Wajah Baru

Kushedya-Hari-Yudo.jpgKushedya Hari Yudo adalah salah satu wajah baru di Timnas Indonesia. (FOTO: pssi.org)

Dibandingkan dengan beberapa tahun terakhir, sejak ditangani oleh Shin Tae-yong skuad Timnas Indonesia banyak mengalami perubahan. Wajah baru skuat Timnas Indonesia diisi oleh 70 persen wajah baru. Shin Tae-yong memiliki alasan khusus terkait hal ini, menurutnya regenerasi di Timnas Indonesia dilakukan untuk mengubah mental pemain ketika membela Timnas. Wajah-wajah baru ini didapatkan Shin Tae yong tidak hanya berasal dari klub di Indonesia, melainkan juga pemain Indonesia yang berkarir di kompetisi luar negeri.

2.      Evan Dimas Paling Kenyang Pengalaman Internasional

Bicara mengenai jam terbang pemain Timnas Indonesia di kancah internasional. Bisa jadi saat ini hanya Evan Dimas yang memiliki jam terbang tinggi. Pemain berusia 26 tahun ini tercatat sudah memiliki 360 menit bermain sejak bergabung bersama Timnas Indonesia. Pemain lainnya rata-rata masih berada jauh dibawah Evan Dimas. Hal ini karena Shin Tae-yong melakukan regenerasi terhadap pemain Timnas Indonesia yang banyak dihuni oleh pemain-pemain muda.

3.      Poin Perdana di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Selebrasi-Evan-Dimas.jpgSelebrasi Evan Dimas setelah mencetak gol ke gawang Thailand. (FOTO: pssi.org)

Hasil imbang melawan Thailand dengan skor 2-2 layak untuk mendapatkan apresiasi. Hal itu adalah pencapaian terbaik bagi Timnas Indonesia selama menjalani kualifikasi Piala Dunia 2022.  Pada laga sebelumnya, Indonesia harus menelan 5 kekalahan beruntun dalam ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Bagi Shin Tae yong, momen pertandingan sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 dia jadikan untuk mempersiapkan tim di ajang berikutnya yakni untuk ajang Sea Games 2021.

4.      Pengaruhi Peringkat Indonesia di Rangking  FIFA

Meski sering dianggap sebelah mata, Indonesia memiliki potensi untuk naik peringkat dalam perhitungan FIFA. Hal itu tidak lepas dari pertandingan internasional yang dijalani oleh Indonesia dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan hasil imbang 2-2 atas Thailand. Saat ini Indonesia berada di urutan 173 dengan poin 964.07

5.      Pulihkan Kepercayaan Suporter

Hasil imbang 2-2 atas Thailand tidak hanya berpengaruh pada rasa percaya diri pemain, namun hal itu juga memulihkan kepercayaan suporter Timnas Indonesia terhadap Evan Dimas dkk. Apalagi sebelum menjalani pertandingan melawan Thailand, mereka harus kalah dua kali di pertandingan uji coba yakni saat kalah dari Afghanistan dengan skor 2-3 dan menyerah atas Oman dengan skor 1-3.

Setelah menahan imbang Thailand, tantangan Timnas Indonesia di sisa pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 dipastikan akan lebih besar. Hal ini tidak lepas dari lawan berikutnya, Garuda akan berhadapan dengan Vietnam pada (7/6/2021) dan melawan tuan rumah UEA pada (11/6/2021). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES