Glutera News

Zinc Asupan Wajib Bagi Tubuh

Kamis, 03 Juni 2021 - 19:43 | 39.07k
glutera news.
glutera news.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mencukupi kebutuhan asupan zinc merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, ada banyak manfaat zinc bagi tubuh, seperti memperkuat daya tahan tubuh, meredakan peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka.

Zinc adalah salah satu mineral yang memainkan banyak peran penting di dalam tubuh, tetapi sayangnya, tubuh kita tidak memproduksi mineral ini. Oleh sebab itu, Anda perlu mencukupi kebutuhannya dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zinc atau mengonsumsi suplemen zinc.

glutera b

Beragam Manfaat Zinc Bagi Tubuh

Berikut ini adalah beragam manfaat zinc yang dapat diperoleh bila asupannya cukup:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Zinc memiliki fungsi untuk mengaktifkan sel darah putih yang disebut limfosit sel T. Sel ini memiliki peran sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Dengan mencukupi kebutuhan zinc, maka kekebalan tubuh dalam melawan dan menetralkan patogen yang masuk ke dalam tubuh, seperti bakteri, virus, dan jamur, akan meningkat. Dengan begitu, risiko menderita berbagai penyakit juga bisa menurun.

2. Mengurangi peradangan
Selain mampu meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh, zinc dapat meredakan stres oksidatif, sehingga peradangan yang terjadi di dalam tubuh bisa mereda.
Hal ini pada akhirnya juga dapat menurunkan risiko Anda mengalami berbagai penyakit kronis akibat peradangan, seperti penyakit jantung, kanker, pneumonia, dan degenerasi makula terkait usia.

3. Mempercepat penyembuhan luka
Zinc juga dapat mempercepat penyembuhan luka. Mineral ini memainkan peran penting dalam produksi kolagen, yakni serat protein yang memberi kekuatan dan tekstur elastis pada kulit. Bila produksi kolagen maksimal, luka bisa menyusut dan menutup dengan lebih cepat.
Berkat manfaatnya ini, zinc kerap dijadikan bahan dasar obat untuk mengatasi luka bakar, bisul, dan luka lainnya.

4. Mengobati infertilitas pria
Zinc kerap dijadikan obat untuk menangani kondisi infertilitas atau gangguan kesuburan pada pria. Pasalnya, zinc bisa membantu meningkatkan produksi hormon seks pria, yakni testosteron.
Selain itu, zinc juga memiliki potensi untuk dijadikan obat guna mengatasi disfungsi ereksi dan meningkatkan kualitas sperma.

5. Mengobati jerawat
Zinc memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan pada kulit, menghambat bakteri Propionibacterium acnes, dan menekan aktivitas kelenjar minyak. Semua hal ini pada akhirnya bisa membantu mencegah dan mengobati jerawat.
Oleh sebab itulah, suplemen zinc, baik yang diminum atau dioles, kerap diresepkan untuk mengatasi jerawat.

6. Mendukung pertumbuhan anak
Selain bermanfaat bagi orang dewasa, zinc juga dapat mendukung tumbuh kembang anak. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang menyebutkan bahwa mencukupi kebutuhan zinc pada anak dapat membantu mereka memiliki tinggi dan berat badan yang ideal.
Sebaliknya, kekurangan asupan zinc dapat menghambat pertumbuhan anak serta menyebabkan keterlambatan kognitif dan motoriknya.

Source :
Read, S. A., Obeid, S., Ahlenstiel, C., & Ahlenstiel, G. (2019). The Role of Zinc in Antiviral Immunity. Advances in Nutrition, 10(4), pp 696-710. 
Mayo Clinic (2020). Zinc. 
Lawler, M. Everyday Health (2021). 7 Potential Benefits of Zinc Supplements. 
Rogers, P. Verywell Fit (2020). Health Benefits of Zinc. 
Kubala, J. Healthline (2018). Zinc: Everything You Need to Know. 
WebMD. Zinc.

Be Everlasting with Glutera (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES