Gaya Hidup

Pernah Menyicip Buah Bit? Ternyata Manfaatnya Segudang

Jumat, 04 Juni 2021 - 01:55 | 301.74k
Buah Bit termasuk dalam jenis sayuran lobak yang kaya akan manfaat (Sumber: Pinterest)
Buah Bit termasuk dalam jenis sayuran lobak yang kaya akan manfaat (Sumber: Pinterest)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Bit adalah bagian akar tunggang tanaman Bit. Tanaman Bit ini termasuk keluarga sayuran lobak dan sayuran berakar lainya umumnya. Orang lebih suka menggunakan akarnya yang terasa manis sebagai obat kesehatan. Namun, saat ini banyak yang mengonsumsi daging buah dan daun dari buah bit, karena memiliki kandungan nutrisi yang melimpah serta manfaat yang baik untuk kesehatan.

Manfaat buah Bit untuk kesehatan

Buah ini memiliki segudang manfaat, seperti dapat digunakan sebagai pewarna alami sekaligus pemanis campuran makanan maupun minuman. Bukan hanya itu, buah bit punya banyak manfaat bagi tubuh.

1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Buah bit kaya akan kandungan seratnya. Buah yang satu ini mengandung sekitar 3.4 gram serat dalam satu porsi cangkir. Kandungan serat dalam buah bit memiliki manfaat untuk membantu makanan bergerak melalui usus cerna, sehingga memudahkan Anda untuk buang air besar secara rutin dan terhindar dari berbagai masalah pencernaan.

Tak hanya itu, serat juga dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk GERD, asam lambung, kanker usus, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

2. Menurunkan berat badan

Buah bit memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi. Kedua nutrisi tersebut memiliki peranan penting untuk menjaga berat badan ideal. Dengan begitu, akan lebih mudah mencapai target berat badan yang Anda inginkan. Karena buah bit dapat mengurangi rasa lapar sehingga Anda lebih cepat kenyang.

Buah bit juga memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Pembatasan kalori untuk tubuh dapat menekan berat badan semakin lebih terkurangi dan maksimal, sehingga Anda juga mendapat badan sehat dan badan yang ideal.

3. Mengatasi diabetes

Mengonsumsi buah bit yang kaya akan antioksidan dapat membantu Anda menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Oleh sebab itu, para ahli menduga buah bit dapat memberikan manfaat untuk mengatasi diabetes.

Sebuah penelitian pada tahun 2019 lalu membuktikan bahwa antioksidan dalam buah bit, yaitu asam alfa lipoat, dapat mengatasi gejala neuropati diabetes. Meski begitu, dosis yang diuji coba dalam penelitian masih jauh lebih tinggi dari dosis yang Anda temukan dalam buah bit.

5. Mengkontrol tekanan darah

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa buah bit memiliki manfaat dalam menurunkan tekanan darah secara signifikan hingga mencapai angka 4-10 mmHg lebih rendah dalam kurun waktu beberapa jam setelah mengonsumsinya.

Namun, Anda akan lebih banyak mendapatkan manfaat ini saat buah bit masih dalam keadaan mentah. Manfaat ini bisa Anda dapatkan karena kandungan nitrat konsentrasi tinggi pada buah bit. Pasalnya, nitrat akan dikonversi menjadi oksida nitrat dalam tubuh yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah menurun.

Beberapa kandungan yang terdapat dalam buah Bit, kandungan tersebut setiap 100 gram buah bit:  Air: 87.6 gram;  Protein: 1.6 gram; Lemak: 0.1 gram; Karbohidrat: 9.6 gram; Serat: 2.6 gram; Kalsium: 27 miligram (mg); Fosfor: 43 mg; Zat besi: 1.0 mg; Natrium: 29 mg; Kalium: 404.9 mg; Tembaga: 0.20 mg; Seng: 0.7 mg; Karoten total: 20 mcg; Thiamin (Vitamin B1): 0.02 mg; Riboflavin (Vitamin B2): 0.05 mg; Niasin: 0.3 mg; dan Vitamin C: 10 mg.

Buah bit sangat bagus dan tidak mengurangi nutrisi yang dikandung nya yaitu diolah mentah-mentah. Selain dengan dimasak, buah bit mentah juga dapat diolah menjadi sejumlah sajian acar, salad dan jus.

Salah satu kelebihan mengonsumsi buah bit dengan metode ini adalah kandungan nutrisinya tetap terjaga. Dari semua cara mengolah buah bit, metode merebus paling tidak disarankan karena nutrisi dalam buah bit bisa hilang banyak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES