Pemerintahan

Saksikan Penerbangan Komersial Perdana Bandara JB Soedirman, Gubernur Ganjar: What's Next?

Kamis, 03 Juni 2021 - 17:36 | 46.09k
Gubernur Ganjar Pranowo kalungkan bunga pada pilot penerbangan komersial perdana  Bandara JB Soedirman, Wirasaba (FOTO: Humas Pemkab Purbalingga For TIMES Indonesia)
Gubernur Ganjar Pranowo kalungkan bunga pada pilot penerbangan komersial perdana Bandara JB Soedirman, Wirasaba (FOTO: Humas Pemkab Purbalingga For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo SH MIP bersama Jajaran Forkopimda Kabupaten Purbalingga menyaksikan langsung Penerbangan Komersial Perdana Bandara Jenderal Besar Soedirman (Bandara JB Soedirman), Wirasaba, Purbalingga Kamis (3/6/2021).

Gubernur Jawa Tengah dan Bupati Purbalingga secara simbolis menyambut dan mengalungkan bunga kepada pilot dan penumpang Maskapai Citilink yang baru saja landing di bandara ini usai keberangkatan dari Bandara Juanda Surabaya.

Ganjar Pranowo B

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan, setelah bandara resmi dibuka untuk komersial, maka perlu ada langkah-langkah untuk meramaikan traffic penerbangan baik menuju atau dari Bandara JB Soedirman.

What’s Next? dengan penerbangan yang belum bisa ramai, apa yang kita lakukan? maka harus bicara paket pariwisata terbatas. Kalau bisa kita kembangkan sport tourism di sini,” kata Gubernur Ganjar.

Ia mencontohkan, sport tourism yang dimaksud misalnya marathon, balap sepeda, arung jeram dan sebagainya. Ada banyak potensi yang bisa dikembangkan dari Kabupaten Purbalingga dan sekitarnya yang menarik wisatawan.

Ganjar juga sempat menawarkan agar kabupaten-kabupaten setempat untuk mengadakan lomba yang menghadiahkan pemenang untuk travelling pulang-pergi dari Bandara JB Soedirman.

“Bu Tiwi, kita buat saja acara di sini dan agar bisa mendorong. Kita buat lomba-lomba, yang menang, nanti disuruh naik pulang-pergi. Ini untuk stimulus. Kita punya kreasi dan inovasi yang inshaallah akan kita laksanakan,” katanya.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM berharap bandara ini bisa memberi manfaat khususnya seluruh kabupaten-kabupaten yang ada di Jawa Tengah bagian barat-selatan, karena keberadaan bandara ini tidak hanya untuk Purbalingga.

Maka perlu dukungan dan sengkuyung elemen masyarakat di Jawa Tengah bagian barat selatan untuk bersama-sama meramaikan bandara.

"Kalau hari ini Bandara JB Soedirman bisa untuk landing pesawat ATR harapannya dua, tiga atau empat tahun ke depan bandara bisa untuk mendarat pesawat Boeing," kata Tiwi.

Director of Technic PT Angkasa Pura II Agus Wialdi menuturkan, sebelum pandemic covid-19, bandara JB Soedirman pada mulanya direncanakan akan dioperasikan dengan telah dilengkapi Terminal Permanen.

Akibat Covid-19 rencana tersebut terpaksa ditinjau ulang mengingat industri penerbangan, bandara, pariwisata terkena dampak yang cukup berat.

Ganjar Pranowo C

Meski demikian, akhirnya Bandara JB Soedirman tetap bisa beroperasi dengan infrastruktur yang sudah terverifikasi dan dinyatakan telah memenuhi standar safety security dan juga compliance, baik fasilitas sisi udara maupun darat. “Dalam jangka pendek kami tetap akan melakukan beautifikasi terminal dengan menambah taman, serta interior terminal sehingga diharapkan terminal tidak kalah cantik dengan terminal bandara di kelasnya,” kata Director of Technic PT Angkasa Pura II Agus Wialdi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES