Pendidikan UIN Malang

Buruan Daftar...UIN Maliki Malang Buka Beasiswa S2 untuk Guru Madin

Kamis, 03 Juni 2021 - 17:00 | 122.60k
Imam Ahmad, MAg, Kabag Akademik UIN Maliki Malang saat ditemui di rektorat lantai 3. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)
Imam Ahmad, MAg, Kabag Akademik UIN Maliki Malang saat ditemui di rektorat lantai 3. (Foto: Nadira Rahmasari/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) membuka beasiswa S2 untuk guru madin dengan Program Studi (Prodi) S2 Pendidikan Agama Islama (PAI) tahun akademik 2021/2022.

Beasiswa tersebut merupakan kerjasama UIN Maliki Malang dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Program ini sudah tiga tahunan, kalau dulu yang menghandle pasca langsung. Kemudian karena sekarang seluruh PMB dilimpahkan ke institusinya BAK maka sekarang ini ditaruh di BAK," ujar Imam Ahmad, MAg, Kepala Bagian Akademik (Kabag Akademik) UIN Maliki Malang kepada TIMES Indonesia, Kamis (3/6/2021).

Pendaftaran dilakukan secara online di laman http://pmb.uin-malang.ac.id pada 1 sampai 30 Juni 2021.

Adapun syarat pendaftarannya yaitu yang pertama, calon mahasiswa harus scan dan fotokopi KTP (Jawa Timur) 3 lembar. Yang kedua, calon mahasiswa juga harus scan dan fotokopi ijazah dan transkrip nilai S1 yang telah dilegalisir. Yang ketiga, calon mahasiswa scan rekomendasi pondok pesantren atau yayasan madin.

Yang keempat, calon mahasiswa scan SK mengajar pondok pesantren atau yayasan sebagai guru madin terbukti telah mengabdi selama 3 tahun. Yang kelima, calon mahasiswa scan dan fotokopi izin pendirian madin. Terakhir yang keenam, calon mahasiswa maksimal berusia 45 tahun.

"Beasiswa ini untuk memberi peluang kepada guru-guru madin dan guru-guru di pondok pesantren agar mereka memiliki kualifikasi yang lebih tinggi sehingga dapat mengembangkan madin atau pesantren dimana beliau-beliau itu mengajar," imbuhnya.

S2-UIN.png

Adapun untuk kuota yang diterima sebanyak 20 mahasiswa. Kemudian usai melakukan pendaftaran, peserta harus mengikuti tes tulis yang diadakan oleh UIN Maliki Malang pada 12 sampai 14 Juli 2021. Dan tes membaca kitab Fathul Mu'in yang diadakan oleh Pemprov Jatim pada 3 sampai 4 Agustus 2021.

Menurut Imam, digalakkannya beasiswa untuk guru madin sangat diperlukan karena banyak guru madin yang memiliki potensi lebih hanya saja secara legalitas ijazah, pengakuan, dan lisensi mereka tidak memiliki.

Selain itu, apabila dilihat dari pengetahuan yang guru madin miliki, pengetahuannya sangat menonjol dan sangat tinggi. Hanya saja guru madin terkendala dengan sertifikat yang rata-rata di pondok pesantren hanya melihat keilmuan sementara lisensi yang merupakan syarat untuk mendapatkan pengakuan secara keilmuan belum dimiliki.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Harapannya, dapat sebanding lurus lisensi yang mereka miliki dengan kemampuan yang mereka miliki. Sehingga, beasiswa S2 untuk guru madin ini kalau bisa jangan hanya pemprov tapi pemkab atau pemda juga bisa mengupayakan generasi-generasi yang ada di wilayah mereka untuk mendapatkan kesempatan beasiswa seperti ini," kata Imam Ahmad, MAg, Kabag Akademik UIN Maliki Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES