Pendidikan

STIE PGRI Dewantara Jombang Siap Mencetak Mahasiswa Enterpreneur

Kamis, 03 Juni 2021 - 10:45 | 163.46k
Kampus STIE PGRI Jombang di Jalan Prof. Muh. Yamin No.77, Jabon, Pandanwangi, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61471 (Foto : Dok. STIE PGRI dewantara for TIMES Indonesia)
Kampus STIE PGRI Jombang di Jalan Prof. Muh. Yamin No.77, Jabon, Pandanwangi, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61471 (Foto : Dok. STIE PGRI dewantara for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Ingin kuliah sambil berwirausaha atau pengen menjadi seorang bos? Jangan khawatir dan ragu kuliah di STIE PGRI Dewantara Jombang, Jawa Timur.

Kampis yang terletak di Jalan Prof. Muh. Yamin Kabupaten Jombang ini, mempunyai cara tersendiri untuk membentuk jiwa wirausaha dan enterpreneur bagi para mahasiswanya.

Di Kampus yang mempunyai jargon 'Kampusnya Calon Bos-bos' ini mempunyai dua pembinaan dalam membentuk jiwa enterpreneur bagi mahasiswa dan alumninya yaitu Entrepreneur of Dewantara dan Pengusaha Muda Dewantara.

STIE PGRI dewantara 1

"Kita siap membina para mahasiswa dan alumni. Kita sudah siapkan 2 tipe pembinaan dan jaringan," kata Chusnul Rofiah, Kepala Pusat Studi Kewirausahaan STIE PGRI Dewantara Jombang, kepada TIMES Indonesia, Kamis (3/6/2021).

Dua pembinaan tersebut juga disesuaikan dengan minat dan bakat dari masing-masing mahasiswa dan alumni. Pembinaan pertama bernama Entrepreneur of Dewantara diperuntukkan bagi mahasiswa yang berminat berwirausaha dan masih belum memiliki usaha.

"Kita kasih treatment pelatihan-pelatihan sesuai dengan minat mereka," jelasnya.

Pembinaan kedua bernama Pengusaha Muda Dewantara yaitu diperuntukkan bagi mahasiswa dan alumni yg sudah memiliki usaha riil dan sudah berjalan serta memutuskan untuk berwirausaha sambil kuliah.

"Biasanya pembinaan kita berupa link atau jaringan usaha serta akses masuk ke komunitas wirausaha baik lokal maupun nasional," ujarnya wanita yang akrab disapa Chusnul ini.

mMhasiswa dan alumni akan dibantu untuk pengembangan usaha serta bantuan promosi, perizinan juga HKI. Serta membuka peluang bagi mahasiswa atau alumni membuka jaringan dengan bergabung dengan berbagai organisasi pengusaha seperti Bekraft, Kadin, Apkj, PERMAMIN, Ilec, Siap, Disnaker Kabupaten dan Provinsi, Dinas Perekonomian, Bappeda, BLKI, Suara Jombang, APINDO, PBAJ, dan lain-lain.

STIE PGRI dewantara 2

"Sudah banyak dari meraka yang berhasil atas pembinaan kami dari berbagai bidang usaha contohnya, YouTuber, endorse, produk kuliner, jasa fotografi, jasa desain, mural, beauty vlogger, MUA, jasa perdagangan, bisnis family, dll," ungkapnya.

Mahasiswa dan alumni juga diberi kebebasan untuk menentukan usahanya. Bagi mereka yang masih bingung juga akan dibantu mencari usaha yang cocok sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

"Kita bantu mencari peluang usaha berdasarkan hobi dan yang mereka jalani selama ini karena untuk belajar berwirausaha atau mencari rejeki itu setiap manusia sudah dibekali oleh Allah SWT dengan kesenangan pada satu hal, nah itu yang kita gunakan untuk memulai mengasah potensi apa yang ada dalam diri mereka," tuturnya.

Dengan adanya program tersebut, bahwa keberadaan STIE PGRI Dewantara Jombang sebagai salah satu solusi permasalahan pengangguran dan bisa mendukung program pemerintah daerah sesuai dengan visi dan misi nya yaitu Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing

"Kita ingin sebelum mereka lulus kuliah dari STIE PGRI Dewantara bisa melakukan kegiatan usaha secara mandiri minimal untuk diri sendiri agar kita sebagai perguruan tinggi tidak hanya mencetak pengangguran terdidik tetapi bisa juga memberikan solusi bagi stakeholder," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES