News Commerce Indonesia Bangkit

Penanaman Pendidikan Alquran sebagai Program Unggulan SMK Al-Irsyad Surabaya

Rabu, 02 Juni 2021 - 23:12 | 62.99k
Kegiatan Baca Tulis Al-Quran (BTQ) menjadi program unggulan SMK Al-Irsyad Surabaya. (Foto-foto: SMK Al-Irsyad for TIMES Indonesia)
Kegiatan Baca Tulis Al-Quran (BTQ) menjadi program unggulan SMK Al-Irsyad Surabaya. (Foto-foto: SMK Al-Irsyad for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Sejak awal berdiri SMK Al-Irsyad Surabaya memiliki program unggulan yang jarang ada di sekolah kejuruan lain, program unggulan itu yaitu kegiatan Baca Tulis Al-Quran (BTQ).

Kegiatan BTQ rata-rata tidak diajarkan di sekolah-sekolah umum. Melalui kegitan BTQ ini siswa diharapkan mampu untuk membaca, menulis, dan menghafal Alquran dengan baik.

Pendidikan Alquran 2

“SMK Al-Irsyad secara khusus memberikan porsi pembelajaran Baca Tulis Alquran selama 6 jam dalam seminggu. Pelaksanaan pembelajaran BTQ ini dilaksanakan pada pagi hari dengan tujuan agar siswa masih segar,” kata Mila Rokhmadia S SPd, Guru SMK Al-Irsyad.

Selain itu, lanjut Mila, memulai hari dengan kegiatan BTQ diharapkan kita akan mendapatkan keberkahan dan kemudahan dalam pelaksanaan pembelajaran selanjutnya.

Pelaksanaan kegiatan BTQ diampu oleh pengajar khusus yang berkompeten dari tim BTQ Hasanah. Satu pengajar hanya akan mengajar 5 sampai 6 siswa saja sehingga pembelajaran Alquran akan lebih fokus dan efektif.

“Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil sesuai dengan capaian masing-masing. Tim BTQ Hasanah akan mengajari siswi-siswi mulai dari cara membaca Alquran yang sesuai dengan tajwid dan makhraj,” kata Mila.

Pendidikan Alquran 3

Mila menambahkan, hingga kini pembelajaran Alquran masih menjadi salah satu aspek utama dalam kurikulum SMK Al-Irsyad Surabaya. Sejak siswa berada di kelas X dan melalui tahapan-tahapan hingga siswa mencapai tingkatan tertinggi yaitu hafalan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES