Pendidikan UIN Malang

UIN Maliki Malang Gelar Orientasi Mahasiswa PPG 2021

Rabu, 02 Juni 2021 - 21:20 | 114.21k
Dr. Abdul Aziz, M.Pd., Kaprodi PPG UIN Maliki Malang ketika memberikan sambutan. (Foto: Tangkapan Layar)
Dr. Abdul Aziz, M.Pd., Kaprodi PPG UIN Maliki Malang ketika memberikan sambutan. (Foto: Tangkapan Layar)

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) melakukan orientasi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) masa jabatan 2021 pada Rabu (2/6/2021) pukul 13.30 WIB. Orientasi daring melalui ZOOM ini diikuti sebanyak 426 mahasiswa PPG UIN Maliki Malang.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALIKI MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Alhamdulillah siang ini kita bisa bersilaturahim meskipun melalui daring. Ini adalah momentum pertama yang kita lakukan. Saya berharap bapak ibu dapat lulus semua agar dapat memberikan sertifikasi sebagai guru karena apabila guru baik bangsa akan baik," ujar Dr. Abdul Aziz, M.Pd., Ketua Program Studi (Kaprodi) PPG UIN Maliki Malang ketika memberikan sambutan.

Abdul Aziz menyampaikan, PPG merupakan standarisasi guru dan di sisi lain juga merupakan program pemerintah agar dapat memberikan kesejahteraan kepada guru.

Sehingga dua sisi tersebut harus saling beriringan agar dapat mencetak profesionalistas dan kesejahteraan guru. Untuk memperoleh kelulusan PPG, ia mengimbau agar mahasiswa PPG harus memiliki kinerja yang baik.

"Mudah mudahan acara ini bermanfaat terutama pada calon guru yang diakui profesinya oleh negara. Reproduksi dan produksi guru yang diakui oleh negara adalah kewajiban dari negara itu sendiri karena negara memiliki kewajiban mencerdaskan kehidupan negara," ujar Prof Abdul Haris, Rektor UIN Maliki Malang.

Webinar-UIN-2.jpgProf Abdul Haris, Rektor UIN Maliki Malang ketika memberikan arahan. (Foto: Tangkapan Layar)

Prof Abdul Haris menyampaikan, UIN Maliki Malang dan institusi lain berusaha untuk mengemban amanat sesuai dengan undang-undang yakni dengan melaksanakan PPG.

Menurutnya, penyediaan guru yang relevan dengan sekarang ini kebutuhannya masih kurang jauh baik baik di pendidikan dasar, paud bahkan sekolah menengah. Ia berharap, mahasiswa PPG UIN Maliki Malang nantinya dapat memanfaatkan kegiatan perkuliahan dengan sebaik-baiknya.

Webinar-UIN-3.jpgProf. Dr. H. M. Zainuddin, MA. ketika menyampaikan arahan. (Foto: Tangkapan Layar)

"Bapak ibu harus bisa mengusai perangkat daring karena kegiatan PPG ini dilakukan secara daring," ujar Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA., Wakil Rektor I UIN Maliki Malang ketika menyampaikan arahan.

Prof Zainuddin menjelaskan, persiapan yang matang harus dilakukan agar bisa mengikuti pembelajaran dari dosen. Sehingga, mahasiswa PPG perlu memperhatikan materi yang akan dipresentasikan oleh dosen, memastikan perangkat komputer atau gadget agar bisa beroperasi dengan baik termasuk juga dengan jaringannya.

PPG merupakan program pemerintah, No 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen sehingga Zainuddin berharap, seluruh guru nantinya dapat memiliki empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional.

INFORMASI SEPUTAR UIN MALIKI MALANG DAPAT MENGUNJUNGI www.uin-malang.ac.id

"Bapak ibu diharapkan setelah mengikuti PPG selama 2 semester ini, bisa memiliki empat kompetensi tersebut agar dapat memberikan pembelajaran yang baik kepada peserta didik dan mengusasi masalah-masalah dalam pengajarannya," ujar Prof Dr HM Zainuddin, MA, Wakil Rektor I UIN Maliki Malang(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES