Ekonomi

Kemendag RI Komitmen Revitalisasi Pasar Badog Purbalingga Tahun 2022

Rabu, 02 Juni 2021 - 13:38 | 35.32k
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM saat bertemu Sekjen Kemendag RI, Drs Suhanto MM di Jakarta. (FOTO : Humas Pemkab Purbalingga For TIMES Indonesia)
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM saat bertemu Sekjen Kemendag RI, Drs Suhanto MM di Jakarta. (FOTO : Humas Pemkab Purbalingga For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Bupati Banjarnegara Jawa Tengah Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda serta Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Purbalingga berkunjung kerja ke kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag RI) Republik Indonesia, Rabu (2/6/2921).

Tujuannya tidak lain untuk memastikan Kemendag RI menyetujui dan berkomitmen untuk merevitalisasi Pasar Rakyat Badog Kelurahan Bancar. 

Kunjungan Kerja Pemkab Purbalingga di Kemendag RI kali ini diterima oleh Sekjen Kemendag RI, didampingi beberapa pejabat Ditjend Perdagangan Dalam Negeri (PDN).

Dyah-Hayuning-Pratiwi-SE-BEcon-MM-2.jpg

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM menyampaikan revitalisasi Pasar Badog ini buruh relokasi. Hal tersebut menjawab surat dari warga Bancar, karena kondisi pasar sudah tidak layak akibat semakin banyaknya pedagang. 

"Pasar Badog eksisting nampak kumuh dan gelap. Terlebih saat ini sebagian pedagang menempati kios yang didirikan di atas badan jalan yang sudah tidak terpakai. Sehingga di musim penghujan akan banyak genangan air yang mengurangi kenyamanan pembeli maupun pedagang pasar," kata Bupati Tiwi. 

Oleh karenanya, Bupati mengusulkan kepada Kemendag untuk merevitalisasi Pasar Badog ini. Sebab untuk membangun pasar membutuhkan dukungan anggaran yang kuat. 

"Dengan direvitalisasinya Pasar Badog nantinya proses perdagangan diharapkan menjadi lebih tertata, menambah kenyamanan pedagang maupun pengunjung dalam transaksi jual beli. Oleh karenanya kami memohon agar dari Kemendag bisa merealisasikan revitalisasi Pasar Badog ini pada tahun 2022 mendatang, " ungkapnya.

Dyah-Hayuning-Pratiwi-SE-BEcon-MM-3.jpg

Sesuai rencana Pasar Badog akan dipindah ke lahan Pemkab Purbalingga 400 meter sebelah timur Pasar Badog eksisting. Pemindahan ini diharapkan tidak akan mengganggu roda perekonomian yang selama ini sudah berjalan.

Pada kesempatan ini, Bupati juga memaparkan kinerja Pemkab Purbalingga selama 5 tahun terakhir, khususnya dalam hal revitalisasi pasar. Tercatat Pemkab Purbalingga telah merevitalisasi sebanyak 11 pasar dari 21 pasar yang dikelola oleh Pemkab Purbalingga. 

Menanggapi paparan Bupati, Sekjen Kemendag RI Drs Suhanto MM, sangat mengapresiasi kinerja Pemkab Purbalingga di sektor perdagangan, yang tentunya berpengaruh terhadap pencapaian kinerja sektor perdagangan secara nasional.

"Khusus terkait usulan revitalisasi Pasar Badog, Insha Allah kami berkomitmen tahun 2022 akan merealisasikan. Tentu kami tetap mengharap adanya dukungan dari pedagang dan masyarakat Purbalingga serta sharing APBD Purbalingga," kata Sekjen Kemendag RI Drs Suhanto MM,. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES