News Commerce Indonesia Bangkit

Mayoritas Klinik di Surabaya Jadi Tempat PKL Siswa Farmasi dan Keperawatan Skentara Surabaya

Rabu, 02 Juni 2021 - 07:03 | 71.88k
Siswa SMK Kesehatan Nusantara Surabaya foto bersama direktur menara. (Foto-foto: SMK Kesehatan Nusantara Surabaya for TIMES Indonesia)
Siswa SMK Kesehatan Nusantara Surabaya foto bersama direktur menara. (Foto-foto: SMK Kesehatan Nusantara Surabaya for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, SURABAYASMK Kesehatan Nusantara (Skentara) Surabaya mengklaim hampir seluruh klinik di Surabaya menjadi tempat Praktik Kerja Lapangan (PKL) siswa Farmasi dan Keperawatan sekolah yang berlokasi di Jalan Simpang Dukuh No 11 ini.

“Beberapa klinik besar yang bekerja sama dengan sekolah kami adalah Klinik PLK (Pusat Layanan Kesehatan) Unair, Klinik Medical Center ITS, Klinik Paradise, dan Klinik Optima,” ungkap H Iqomatul Haq SKep, Kepala SMK Kesehatan Nusantara Surabaya.

Skentara 2Kegiatan sunatan massal dengan melibatkan siswa SMK Kesehatan Nusantara Surabaya.

Iqomatul menjelaskan, Klinik PLK Unair berlokasi di Jalan Dharmawangsa No 3 Surabaya. Klinik ini didirikan oleh salah satu universitas terbaik di Indonesia pada 2009. Awalnya hanya memfasilitasi dan melayani kesehatan civitas akademika Universitas Airlangga.

“Sejak 2014 Klinik PLK Unair bekerja sama dengan BPJS Kesehatan menjadi Faskes Tingkat Pertama pasien BPJS maupun non peserta BPJS Kesehatan. Klinik ini diketuai oleh Dr Ernawaty drg MKes,” kata dia.

Iqomatul melanjutkan, klinik yang bekerja sama dengan Skentara adalah Klinik Medical Center ITS. Klinik ini berlokasi di Jalan Arif Rahman Hakim No 213 Surabaya yang merupakan salah satu unit dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Berdiri sejak 2006, klinik ini merupakan pengembangan dari Balai Pengobatan ITS yang telah ada sejak tahun 1982. Saat ini dipimpin oleh dr Adji Bhayu Kurniadi.

Klinik lainnya, kata Iqomatul, adalah Klinik Optima yang telah berpengalaman lebih dari 20 tahun. Saat ini, klinik ini mempunyai 2 lokasi di wilayah Rungkut Surabaya. Yaitu Klinik Utama Optima dan Klinik Pratama Optima.

Klinik Utama Optima berlokasi di Jalan Raya Rungkut Mapan FA No 7 melayani pasien umum dan asuransi. Klinik Pratama Optima berlokasi di Jalan Rungkut Mapan Utara CA No 20 Surabaya melayani umum dan pasien BPJS kesehatan, dipimpin oleh Hendratno Tjahjadi.

Sedangkan Klinik Paradise dipimpin oleh Dr dr Sukma Sahadewa MKes SH MH MSos beralamat di Jalan Rungkut Menanggal Harapan No 9 Surabaya. Selain klinik umum juga mengembangkan pelayanan kecantikan, melayani pasien umum, dan BPJS kesehatan.
“Masih banyak lagi klinik umum yang bekerja sama dengan SMK Kesehatan Nusantara Surabaya,” tandasnya.

Iqomatul menambahkan, SMK sebagai sub sistem pendidikan nasional yang bertanggung jawab dalam penyiapan SDM tingkat menengah yang andal.
“PKL merupakan salah satu bentuk implementasi secara sistematis dan sinkron antara program sekolah dengan program penguasaan keahlian.  Program ini diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung sesuai bidang kompetensinya masing-masing,” ujar dia

Dari pengalaman PKL ini, Iqomatul mengatakan, peserta didik SMK Kesehatan Nusantara (Skentara) Surabaya  mendapatkan ketrampilan hidup yang akan berguna bagi perkembangan dirinya di masa yang akan datang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES