Hukum dan Kriminal

Firli Bahuri: Pelaku Korupsi adalah Pengkhianat Pancasila

Selasa, 01 Juni 2021 - 19:46 | 26.15k
Ketua KPK RI saat melakukan konferensi pers. (FOTO: Dok KPK RI)
Ketua KPK RI saat melakukan konferensi pers. (FOTO: Dok KPK RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua KPK RI Firli Bahuri menegaskan bahwa, siapapun yang melakukan korupsi adalah pengkhianat Pancasila. Hal itu karena, Pancasila adalah pedoman dalam hidup bernegara di Indonesia.

"Kembali kami ingatkan kepada segenap bangsa Indonesia di mana pun berada, bahwasanya siapa pun yang melakukan korupsi adalah pengkhianat Pancasila. Mengingat kejahatan kemanusiaan ini jelas sangat bertentangan dengan setiap butir Pancasila," katanya, saat menyampaikan pidato di acara pelantikan yang ditayangkan di YouTube KPK RI, Selasa (1/6/2021)

Ia mengatakan sebagai bagian dari penyelenggara negara dan pelaksana undang-undang, masyarakat segenap insan KPK wajib menjiwai Pancasila dalam menjalankan setiap kewajiban di mana kepastian hukum, keterbukaan, akuntabilitas, kepentingan umum, proporsionalitas dan penghormatan terhadap hak asasi manusia.

"Selalu kita kedepankan dan utamakan dalam pelaksana tugas pokok KPK RI. KPK berpedoman teguh terhadap nilai-nilai Pancasila agar tetap istiqomah, independen, dan bebas dari pengaruh kekuasaan mana pun dalam melaksanakan tugas yang diberikan negara dan rakyat Indonesia sebagai ujung tombak pemberantasan korupsi di NKRI," ujarnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES