News Commerce Indonesia Bangkit

SMK Kesehatan Nusantara Surabaya Sukses Gelar Penyuluhan Kesehatan ke RT/RW

Selasa, 01 Juni 2021 - 00:46 | 107.28k
Penyuluhan penggunaan masker oleh Timkestara SMK Kesehatan Nusantara Surabaya di Jalan Putat Jaya C Barat Surabaya. (Foto-foto: SMK Kesehatan Nusantara for TIMES Indonesia)
Penyuluhan penggunaan masker oleh Timkestara SMK Kesehatan Nusantara Surabaya di Jalan Putat Jaya C Barat Surabaya. (Foto-foto: SMK Kesehatan Nusantara for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Tim Pelaksana Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang tergabung dalam Timkestara, SMK Kesehatan Nusantara Surabaya melakukan penyuluhan kesehatan ke sembilan RT/RW di Surabaya.

Sembilan RT/RW tersebut yakni Jalan Girilaya 5, Jalan Wonorejo I, Jalan Banyu Urip Kidul I, Jalan Bendul Merisi I Utara, Jalan Putat Jaya C Barat, Jalan Semarang, Jalan Kalilom Lor Lorong, Jalan Pakis Gunung I, dan Jalan Kebonsari Baru.
Penyuluhan kesehatan yang berlangsung selama tiga hari mulai dari 25-27 Mei 2021 ini, terbagi menjadi sembilan kelompok, terdiri dari 7 siswa dan 2  guru pendamping. Masing-masing kelompok mengangkat materi penyuluhan yang berbeda, mulai dari materi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Gastritis, Penggunaan Masker, hingga Pengenalan Covid-19.

Kesehatan Nusantara 2

Cyntia Woro Puspita, Ketua Program Keahlian Keperawatan sekaligus guru pendamping kegiatan penyuluhan, menjelaskan bahwa penyuluhan ini secara umum dilakukan sebagai salah satu usaha sekolah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Selebihnya, adalah sebagai media pembelajaran bagi peserta didik.

“Ini adalah bukti bahwa sebagai sekolah kesehatan, kami tidak hanya melakukan pembelajaran di kelas saja, tapi juga berperan aktif memberikan pendidikan dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” kata Cyntia.

Selain itu, kata Cyntia, peserta didik bisa dengan leluasa mengaplikasikan langsung hasil pembelajaran yang mereka peroleh di sekolah.

Menurut dia, di tengah pandemi Covid-19, penyuluhan kesehatan di tengah-tengah masyarakat merupakan langkah yang sangat baik dan perlu diapresiasi, mengingat sampai detik ini kita masih belum tahu pasti kapan pandemi ini berakhir.

Kesehatan Nusantara 3Penyuluhan Gastritis di Jalan Banyu Urip Kidul 1.

“SMK Kesehatan Nusantara Surabaya di sini setidaknya memberikan pemahaman dan penyadaran kepada masyarakat tentang pentingnya hidup bersih dan sehat dalam rangka menghindari bahaya Covid-19,”  ujar Cyntia.

Sementara, Irvan Al-Fauzani, penanggung jawab kegiatan ini menyampaikan bahwa secara umum respons positif dari masyarakat terhadap kegiatan ini sangatlah tinggi.

“Salah satu ketua RT menyampaikan bahwa ia merasa terbantu dengan adanya kegiatan SMK Kesehatan Nusantara Surabaya ini. Masyarakat menjadi lebih waspada akan gejala Covid-19, dan diharapkan ke depannya bisa secara konsisten menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, rutin cuci tangan, dan seterusnya,” kata Irvan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES