News Commerce Indonesia Bangkit

SMK Al-Irsyad Surabaya Unggul, Berkompeten, dan Berakhlakul Karimah

Selasa, 01 Juni 2021 - 00:30 | 151.43k
SMK Al-Irsyad Surabaya merupakan lembaga pendidikan kejuruan berbasis islami yang memiliki banyak keunggulan. (Foto-foto: SMK Al-Irsyad for TIMES Indonesia)
SMK Al-Irsyad Surabaya merupakan lembaga pendidikan kejuruan berbasis islami yang memiliki banyak keunggulan. (Foto-foto: SMK Al-Irsyad for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, SURABAYASMK Al-Irsyad Surabaya merupakan salah satu sekolah unggulan berbasis islami di bawah naungan Yayasan Perguruan Al-Irsyad Surabaya. Para alumni sekolah yang berada di Jalan Sultan Iskandar Muda 46 ini memiliki keunggulan, berkompeten, dan berakhlakul karimah.

SMK Al-Irsyad yang sudah terakreditasi A ini mempunyai dua kompetensi kejuruan yaitu Farmasi dan Keperawatan. Sekolah yang berada di kawasan lingkungan sehat tingkat nasional ini, memiliki berbagai fasilitas yang sangat memadai untuk pelaksanaan pembelajaran.

SMK Al Irsyad 2

Kepala SMK Al-Irsyad Rinda Furniawati SPd mengatakan, fasilitas yang tersedia di SMK Al-Irsyad di antaranya ruang kelas representataif dan beberapa laboratorium yang berkaitan dengan kompetensi Farmasi dan Keperawatan.

“Fasilitas perpustakaan untuk mendukung literasi siswa serta tempat ibadah yang nyaman dan luas dan banyak sarana lain yang sangat mendukung pembelajaran siswa di sekolah,” jelas dia.

Rinda menambahkan, SMK Al-Irsyad merupakan lembaga pendidikan kejuruan yang menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, kompeten, berdaya saing tinggi, berakhlakul karimah dan berwawasan global.

“SMK Al Irsyad bekerja sama dengan beberapa rumah sakit dan apotek di Surabaya sebagai tempat praktik kerja industri,” ujar dia.

Rinda mengatakan,  pihaknya juga bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Asnakes Indonesia sehingga bisa dipergunakan siswa untuk bekerja di luar negeri. 

SMK Al Irsyad 3

Dia menjelaskan, proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMK Al-Irsyad mengacu pada kompetensi inti dan kompetensi dasar. Kedua kompetensi ini diperkaya dengan kompetensi sesuai jurusan yang ada di SMK Al-Irsyad.

“SMK Al-Irsyad mempunyai dua program keahlian yaitu Farmasi dan Keperawatan. Keahlian yang diperoleh siswa lulusan Farmasi sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang didapat selama tiga tahun belajar di SMK Al-Irsyad,” terang dia.

Selain memberikan pelayanan yang bertujuan untuk meningkatkan potensi dan kompetensi siswa, menurut Rinda, yang terpenting bagi SMK Al-Irsyad adalah membekali anak didiknya dengan pendidikan agama dan karakter.

“Tujuannya, agar tidak hanya terbentuk siswa yang cerdas dan berkompeten saja, melainkan juga siswa yang memiliki karakter yang berlandaskan nilai-nilai Islam,” tegasnya.

Rina mengatakan, dengan bekal ilmu agama yang diberikan,  nantinya alumni SMK Al-Irsyad Surabaya dapat menjadi tenaga kesehatan yang berpengetahuan dan beretika. Dengan demikian, mereka nanti bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sepenuh hati. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES