Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Video Gerhana Bulan di Arktika Kutub Utara

Senin, 31 Mei 2021 - 20:13 | 122.75k
Sebuah video yang menampilkan tentang peristiwa gerhana bulan di wilayah Arktika Kutub Utara.
Sebuah video yang menampilkan tentang peristiwa gerhana bulan di wilayah Arktika Kutub Utara.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video di media sosial Twitter yang disebut sebagai peristiwa gerhana bulan di wilayah Arktika Kutub Utara. Video tersebut diunggah akun @bibik24hours pada 26 Mei 2021.

Video menunjukkan bulan berukuran raksasa tengah melintasi langit dan kemudian menghilang. Video juga disertai narasi bahwa fenomena tersebut terjadi di Benua Arktik, saat gerhana bulan pada 26 Mei 2021 lalu.

Berikut narasi lengkapnya:

This is the sight at Artic.. which is between Russia &  Canada. The Moon appears this big and then it disappears in about 30 seconds. A sight to behold.

Diterjemahkan sebagai berikut:

Ini adalah pemandangan di Arktika.. yang berada di antara Rusia & Kanada. Bulan tampak sebesar ini dan kemudian menghilang dalam waktu sekitar 30 detik. Pemandangan yang menakjubkan.

Video tersebut, per Senin (31/5/2021) pukul 15:20 WIB telah mendapat 248 retweet, 69 komentar dan 465 tanda suka (like).

cek-fakta-gerhana-antartika-2.jpgSumber: Tangkapan layar Twitter

CEK FAKTA 

Penelusuran TIMES Indonesia dimulai dari akun Tiktok @mamaboboiboykuasa3 seperti terlihat pada video yang diunggah akun Twitter @bibik24hours. Narasi yang sama juga dicantumkan dalam video tersebut.

Selanjutnya, berdasar hasil penelusuran Tim Cek Fakta, video tersebut merupakan hasil editan, bukan video gerhana bulan yang terjadi pada 26 Mei 2021 lalu.

Dilansir dari turnbackhoax.id, video tersebut merupakan hasil suntingan seorang ahli CGI (Computer Generated Imagery). Video serupa pertama kali diunggah oleh akun TikTok ahli CGI tersebut, aleksey__nz, pada 17 Mei 2021.

cek fakta gerhana antartika 3Sumber: [SALAH] Video Gerhana Bulan 2021 di Benua Arktik | Turnbackhoax

cek fakta gerhana antartika 4Sumber: TikTok/@aleksey__nz atau TikTok/@aleksey__nz

Pemeriksaan fakta dengan objek serupa juga pernah dilakukan, dan dimuat dalam situs Snopes dengan judul artikel “Does Video Show Giant Moon Blocking the Sun Over the Arctic?”. Pemeriksa fakta mengkategorikannya sebagai ‘false’.

cek fakta gerhana antartika 5Sumber: Does Video Show Giant Moon Blocking the Sun Over the Arctic? | Snopes

KESIMPULAN 

Informasi yang menyebut bahwa peristiwa dalam video tersebut merupakan gerhana bulan di Arktika, Kutub Utara, merupakan informasi yang salah.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori False context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES