Ekonomi

Lahan Pertanian Bondowoso Punya Potensi Besar untuk Tanaman Porang

Senin, 31 Mei 2021 - 18:12 | 59.87k
Hasil panen tanaman Porang di Desa Koncer, Kecamatan Tenggarang Bondowoso, Jawa Timur (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).
Hasil panen tanaman Porang di Desa Koncer, Kecamatan Tenggarang Bondowoso, Jawa Timur (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Meskipun tak punya laut, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, merupakan wilayah dengan lahan pertanian cukup subur. Selain kopi, padi dan tembakau, lahan pertaniannya juga berpotensi untuk tanaman porang.

Bahkan melalui program korporasi Pertanian Agrosolution, di Desa Koncer Kidul, Kecamatan Tenggarang, petani sudah mulai panen bersama tanaman Porang. 

Porang merupakan tanaman yang termasuk jenis umbi-umbian dalam spesies amorphophallus muelleri blume. Porang banyak tersebar di Pulau Jawa, karena kontur tanah dan iklim di wilayah Jawa paling cocok untuk Porang.

Direktur PT Srikandi Kriya Madani,  Eka Risti Damayanti mangatakan, Bondowoso merupakan salah satu daerah yang berpotensi besar dalam penanaman Porang. "Bahkan kami berencana akan menjadikan Bondowoso sebagai sentra Porang di Tapak Kuda," katanya saat panen, Senin (31/5/2021).

Menurutnya, dalam satu desa itu bisa mencapai 500 hektar. "Kita bikin mini pabriknya di sini untuk proses chip dan pengeringan," imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian, Winarto mengatakan, petani Bondowoso dipastikan siap membudidayakan tanaman Porang. "Tak kalah pentingnya adalah bagaimana memasarkan tanaman tersebut," paparnya saat dikonfirmasi.

Pihaknya mendorong pengembangan, khususnya bagi petani yang sudah bekerja sama dengan perusahaan pengolah Porang dan perbankan penyedia KUR. Menurutnya, budidaya Porang di Bondowoso bukan hal baru. Justru saat ini sudah terdapat sekitar 300 hektar tanaman Porang. 

"Petani harus bisa membaca harga dan bagaimana cara memasarkan Porang usai panen nanti. Pengembangan harus hati-hati karena daerah lain menanam secara besar-besaran," paparnya.

Menurutnya, saat ini harga Porang berkisar Rp 6 ribu per kilogram. "Puncaknya diprediksi pada Agustus-Oktober bisa tembus Rp 9 ribu per kilogram basah," papar Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES