Peristiwa Internasional Bulan Bung Karno

1 Juni 2021, Pemprov Bali Launching Bulan Bung Karno

Senin, 31 Mei 2021 - 12:19 | 60.33k
Ilustrasi. Bulan Bung Karno. (FOTO: liputan6/Istimewa)
Ilustrasi. Bulan Bung Karno. (FOTO: liputan6/Istimewa)
FOKUS

Bulan Bung Karno

TIMESINDONESIA, DENPASAR – Pemerintah Provinsi Bali (Pemprov Bali) akan meluncurkan (launching) Bulan Bung Karno pada 1 Juni 2021 besok. Peluncuran tersebut berbarengan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila.

Launching Bulan Bung Karno ke-3 Tahun 2021 akan digelar di Gedung Ksirarnawa Art Cente. Sedangkan Upacara Peringatan ke-76 Hari Lahir Pancasila secara daring digelar di Gedung Gajag Jaya Sabha. 

Melansir dari laman resmi Pemprov Bali, Bulan Bung Karno diselenggarakan sebagai komitmen dan upaya mewujudkan ajaran Trisakti Bung Karno. Dan, Pemprov Bali telah mengeluarkan Peraturan Gubernur Bali Nomor 19 Tahun 2019 tentang Bulan Bung Karno di Provinsi Bali.

Disebutkan, ajaran Trisakti Bung Karno meliputi berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan. Ajaran tersebut sangat relevan untuk mewujudkan keharmonisan alam, manusia, dan kebudayaan Bali menyongsong Bali Era Baru, sesuai visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali  Menuju Bali Era Baru” di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Penyelenggaraan Bulan Bung Karno Tahun 2021 merupakan perayaan ketiga kalinya oleh Pemprov Bali. Tahun ini, Bulan Bung Karno diisi dengan berbagai kegiatan yang sejalan dengan prioritas pembangunan Provinsi Bali dan pelaksanaan disesuaikan dengan situasi dan kondisi di tengah Pandemi COVID-19. 

Adapun rangkaian kegiatannya dimulai pada Selasa 1 Juni, memperingati Hari Lahir Pancasila dan launching Bulan Bung Karno. Lalu pada Minggu, 6 Juni diselenggarakan webinar peringatan dengan tema “Memaknai dan Mengkontektualisasi Tri Sakti Bung Karno”.

Pada webinar yang bertepatan dengan hari Lahir Bung Karno itu, akan dibuka oleh Gubernur Bali I Wayan Koster dan menghadirkan narasumber salah satunya Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Pemprov Bali juga mengadakan berbagai lomba di antaranya lomba vlog penerapan prokes Covis-19 dalam pelaksanaan upacara Panca Yadnya. Pesertanya adalah desa adat. Lalu lomba vlog UMKM, IKM, dan ekonomi kreatif Bali Bangkit Mesari. Pesertanya berasal dari UMKM/IKM dan masyarakat umum.

Ada pula lomba vlog pidato bagi pelajar SMA/SMK/Madrasah se-Bali. Topiknya vlog pidato akutualisasi nilai-nilai Pancasila dalam tatanan pelaksanaan Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui pola pembangunan semesta berencana menuju Bali Era Baru.

Lomba yang tak kalah menari, yakni vlog pengolahan sampah berbasis sumber (rumah tangga). Lomba ini diperuntukkan bagi desa dinas/kelurahan, desa adat yang melibatkan krama istri/PKK dan Yowana di Provinsi Bali. Seluruh lomba berkahir pada 10 Juni 2021.

Kemudian pada 21 Juni 2021, bertepatan dengan Hari Wafat Bung Karno, dilakukan gerakan serentak penanaman pohon dan kebersihan lingkungan oleh Gubernur Bali diikuti seluruh di lingkungan Pemprov Bali, Pemkab/Pemkot, Kecamatan, Desa dan Kelurahan.

Dan, pada Rabu 30 Juni 2021 dilakukan penutupan Bulan Bung Karno yang diselenggarakan Pemprov Bali di Gedung Ksirarnawa Art Center. Acara ini menutup serangkaian kegiatan yang dimulai sejak 1 Juni 2021 pada peringatan Hari Lahir Pancasila(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES