Tekno

Baru! Di Google Photos, Foto dari Gmail Bisa Langsung Disimpan

Senin, 31 Mei 2021 - 10:33 | 84.97k
Ilustrasi Google Photos. (foto: detail/Istimewa)
Ilustrasi Google Photos. (foto: detail/Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Google menyediakan fasilitas baru bagi pengguna yang sering mengunduh (download) foto. Foto yang diunduh dari Gmail bisa langsung disimpan di Google Photos

Google Photos menambahkan tombol "Save to Photos" sebagai pilihan unduhan lampiran foto di Gmail. Dengan tombol tersebut, pengguna bisa langsung menyimpan foto dari lampiran e-mail ke Google Photos tanpa harus diunduh terlebih dulu.

Sebeleumnya hanya ada dua pilihan unduhan di lampiran foto Gmail, yakni unduh ke perangkat atau menambahkannya di Google Drive. Google sudah mulai menyalurkan update tombol tersebut bagi pengguna Gmail pribadi, Google Workspace, G Suite Basic, dan G Suite Business.

Namun, saat ini pembaruan tersebut masih belum merata ke seluruh pengguna Gmail. Mereka harus bersabar menunggu pemberitahuan adanya pembaruan tersebut.

Sebagai informasi, tombol "Save to Photos" akan berada di sisi paling kanan, bersebelahan dengan logo Google Drive. Pilihan tersebut juga dapat ditemukan ketika mengetuk tombol menu (titik tiga vertikal) yang ada di pojok kanan atas ketika membuka gambar secara penuh.

Fitur baru untuk penyimpanan foto ini, menurut Google, bisa memberi pilihan bagi pengguna yang ingin langsung mencadangkan foto ke Google Photo tanpa harus mengunduh foto lebih dulu dari Gmail. 

Google menginformasikan pula, fitur tersebut akan muncul secara default.

Tombol "Save to Photos" baru berlaku untuk jenis foto JPEG. Sedangkan format gambar lainnya seperti PNG, GIF, atau TIFF, tetap mengikuti pilihan yang ada selama ini.

Google juga telah menginformasikan kepada penggunanya bahwa opsi penyimpanan tanpa batas (unlimited) di Google Photos tidak lagi tersedia mulai 1 Juni 2021. Hanya tersedia ruang penyimpanan gratis sebesar 15 GB bawaan Google. Ruang ini juga digunakan oleh Google Drive dan Gmail. Namun, Google menyediakan tambahan kapasitas penyimpanan cloud Google dengan membelinya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES