News Commerce Indonesia Bangkit

Pandemi Bukan Halangan Lake' Probolinggo Berkarya!

Senin, 31 Mei 2021 - 03:37 | 68.78k
Kelompok kesenian daul Probolinggo, Lake', terus berlatih meski pandemi Covid-19. (Foto-foto: Lake' for TIMES Indonesia)
Kelompok kesenian daul Probolinggo, Lake', terus berlatih meski pandemi Covid-19. (Foto-foto: Lake' for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Di tengah keterbatasan ruang gerak selama pandemi Covid-19,  Lake', memanfaatkan waktu untuk tetap berkarya. Caranya, kelompok kesenian daul Probolinggo ini berlatih maupun mencari nada-nada baru.

Bahkan, Lake' juga ikut mendukung dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 selama pandemi. Yakni, dengan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memegang alat dan menjaga jarak saat latihan.

Lake' Probolinggo 2

“Kekompakan Lake’ patut diacungi jempol saat memelihara dan memperindah dekorasi yang dikerjakan sendiri. Ini dilakukan untuk mempererat kerja sama dan kerukunan antar personel,” kata Asmad, salah satu personel Lake’. 

Menurut Asmad, latihan Lake’ sama sekali tidak mengganggu waktu pembelajaran daring dari sekolah masing-masing anggota. Pasalnya, Lake’ menggelar latihan pada saat weekend dan malam hari.

"Latihan kami rutin setiap Sabtu malam Minggu karena yang kerja dan sekolah besoknya libur. Jadi, misalnya saat latihan sampai malam pun orangtua tidak khawatir,” kata Asmad.

Asmad menambahkan, latihan akan ditambah jika Lake’ dapat undangan keluar berupa event ataupun hajatan. “Latihannya jadi seminggu 2-3 kali, tergantung personelnya bisa meluangkan waktunya apa tidak," tandasnya.

Lake' Probolinggo 3

Anggota Lake’ lainnya, Kimon, menambahkan latihan dilakukan sesudah salat Isya karena basecamp-nya dekat dengan musala. Selain itu, batas waktu untuk salat Isya lebih panjang dari yang lainnya. Basecamp Lake' sendiri berada di Jalan KH Ahmad Dahlan Gg Goni No 23, Kelurahan Kebonsari Wetan, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur.

“Kami biasanya menyelesaikan latihan sekitar jam 9-10 malam, karena tidak ingin mengganggu istirahat warga di atas jam itu,” tegas Kimon. 

Menurut Kimon, adanya latihan rutin tersebut diharapkan agar seluruh personel Lake’ tidak lupa dengan nada yang dibawakan. “Kami juga ingin berperan aktif menghidupkan kembali kesenian tradisional Probolinggo yang hampir punah melalui kelompok kesenian daul Lake’ ini,” kata Kimon.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES