Politik Bulan Bung Karno

Kisah Megawati Soekarnoputri Saat Mengungsi di Kali Code Yogyakarta

Minggu, 30 Mei 2021 - 18:47 | 32.76k
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. (Foto: Hasbullah/TIMES Indonesia).
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. (Foto: Hasbullah/TIMES Indonesia).
FOKUS

Bulan Bung Karno

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menceritakan kisah bagaimana dirinya pernah menjadi pengungsi bersama ibunya, Fatmawati di saat Belanda masih menguasai Indonesia.

Hal itu diceritakannya saat meresmikan 25 kantor baru partainya di beberapa daerah yang dilaksanakan secara virtual dan dihadiri hampir 1000 orang pengurus teras partai dari seluruh Indonesia.

"Padahal sudah anak presiden, saya pernah ngungsi juga lho. Kalau inget aku di Kali Code (Yogyakarta, red) situ, sama ibu saya. Karena bapak saya dibuang ke Bangka," ucap Megawati di acara itu, Minggu (30/5/2021).

Putri Proklamator RI Bung Karno ini mengisahkan saat itu oleh Belanda sang ibu disuruh tinggal di Istana Yogyakarta. Ibundanya diminta untuk meminta biaya hidup kepada Sultan Hamengku Buwono IX.

"Disuruh Belanda ibu saya itu tinggal di Istana Yogya, ibu saya mana mau. Marah ibu. Jadilah ngungsi dicarikan tempat di Kali Code," ungkap Megawati.

Megawati mengingat saat kecil dirinya belum banyak memahami soal hidup. Sehingga saat itu dia merasa heran karena tak pernah diberi makan ayam kesukaannya. 

"Urusan ayam, saya protes sama ibu saya. Kata ibu, saya ayam itu mahal. Eh terus lari ayam tetangga. Saya bilang itu ada ayam. Mana saya tahu itu ayam tetangga," kenang Megawati sambil tersenyum.

Megawati menceritakan hal itu agar semua bisa memahami nikmatnya negara yang merdeka, seperti Indonesia saat ini. Tidak seperti saat dirinya kecil, dimana penjajah Belanda masih berkuasa.

"Jadi tahu arti merdeka itu opo? Yang ada dulu perbudakan. Jangan lupa lho," tutur Megawati.

"Jadi kita harus selalu ingat sejarah kita agar semangat kita selalu muncul. Kita ini berjuang untuk anak cucu kita," kisah Megawati Soekarnoputri saat dirinya mengungsi di Kali Code Yogyakarta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES