Wisata

Sambil Bermain, Anak-anak Bisa Berprofesi Jadi Apa Saja di Kidzania Surabaya

Minggu, 30 Mei 2021 - 14:00 | 149.34k
Anak-anak saat mencoba berprofesi sebagai pembuat kue di Kidzania Surabaya. (Foto: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia).
Anak-anak saat mencoba berprofesi sebagai pembuat kue di Kidzania Surabaya. (Foto: Khusnul Hasana/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Menikmati akhir pekan bersama anak memang hal yang menyenangkan. Kidzania Surabaya mungkin bisa jadi salah satu pilihannya.

Kidzania Surabaya adalah sebuah arena bermain anak dengan konsep mini kota. Di dalamnya ada berbagai profesi yang bisa anak-anak coba. Selain bermain, anak-anak akan diajarkan berbagai macam profesi yang ia minati.

Kidzania Surabaya ini adalah cabang kedua setelah di Jakarta. Setidaknya ada 45 wahana dengan 100 aktivitas atau profesi yang bisa dicoba di arena tersebut. Mulai dari menjadi pemadam kebakaran, tenaga medis, pembuat kue, karyawan toko, pekerja TV, pekerja hotel, pekerja bank, pekerja pabrik mie, pilot dan lain sebagainya.

"Konsepnya, kita mengajarkan anak-anak bisa berkeksperimen menjadi orang dewasa," ujar City Major Kidzania Surabaya, Tarno.

Pilot-Kidzania-Surabaya.jpg

Tidak hanya bermain, anak-anak akan mendapatkan gambaran profesinya kelak di masa depan yang dikemas lebih menyenangkan. Sehingga, edukasi yang diberikan kepada anak-anak bisa lebih diterima.

"Ini real experience, melatih motorik dan berpikir anak, interaksi dengan anak lain serta lebih mandiri karena orang tua nggak bisa ikut activity," ungkapnya.

Usia anak yang bisa mencoba berbagai profesi tersebut adalah anak usia 4 tahun hingga 16 tahun. Di dalamnya anak-anak juga diajarkan mengantre dan memanejemen waktu.

"Waktunya 20 sampai 30 menit per permainan," tutur Tarno.

Kidzania-Surabaya-2.jpg

Kata Tarno tak hanya sekedar memberi edukasi kepada anak tentang gambaran profesinya di masa depan, Kidzanka juga banyak belajar dari kurikulum di luar negeri agar edukasi yang diberikan di Kidzania berbeda dengan arena bermain anak yang lain.

Kidzania juga berkerjasama dengan banyak sekolah untuk mengetahui minat anak. "Kidzania menjadi satu-satunya di indonesia atau dunia yg mengedepankan aktivitas anak dangan bobot pendidikan lebih besar," ungkap Tarno.

Harga tiket masuk di Kidzania Surabaya yakni untuk anak usia 2 hingga 3 tahun Rp 100 ribu, untuk anak usia 4 hingga 16 tahun Rp 200 ribu di weekday dan Rp 225 ribu di weekend. Sementara usia diatas 17 tahun Rp 175 ribu di weekday dan Rp 200 ribu di weekend. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES