Glutera News

Perubahan adalah Kunci Bahagia dan Sukses

Minggu, 30 Mei 2021 - 07:41 | 39.24k
FOTO: Glutera
FOTO: Glutera

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pernahkah anda menuliskan apa saja keinginan anda yang belum diraih? Apa saja cita-cita anda di masa depan?Jika belum, segeralah ambil pulpen dan kertas, dan mulailah. Tuliskan semua apa pun yang ingin anda raih di masa depan. Tuliskan sebanyak-banyaknya.

“Tujuan, bukanlah tujuan, jika TIDAK DITULIS!, keinginan, bukanlah keinginan, jika TIDAK DITULIS!”

Dan memang benar sekali. Dengan menuliskannya, keinginan-keinginan itu menjadi semakin jelas, kuat, dan memiliki kekuatan tersendiri, sedangkan jika tidak, maka keinginan itu akan tetap menjadi sebuah angan-angan, karena sangat mudah sekali “menguap” dan terlupakan entah kemana.

Jadi? Segeralah tuliskan keinginan-keinginan anda sekarang juga. Dan bagi anda yang pernah menuliskannya, coba sekarang bukalah kembali.

Pertanyaannya adalah:
Apa sih sebenarnya yang diinginkan oleh setiap orang, seperti anda, saya dan semua orang di dunia ini?

Dari semua daftar keinginan yang telah ditulis tadi, kita dapat menarik kesimpulan bahwa sebenarnya keinginan-keinginan itu dapat diringkas menjadi dua macam saja, yaitu: kesuksesan dan kebahagiaan. Semua orang menginginkan untuk bahagia dan sukses.

Yah, cuma itu! Tapi mengapa begitu banyak orang merasa tidak sukses dan tidak  bahagia dan nampaknya begitu sulit mencapai keduanya?

Sukses dan bahagia adalah dua hal yang berbeda. Sukses berarti mencapai dengan baik apa yang telah diusahakan. Sedangkan bahagia berarti dapat menikmati apa yang telah diraih tersebut.

Sehingga, sukses belum tentu bahagia, dan bahagia belum tentu juga sukses. Ada orang yang hanya dapat meraih salah satunya saja. Dan sungguh beruntung bagi orang yang mampu meraih kedua-duanya: kesuksesan dan kebahagiaan. Dan kabar baiknya adalah, hanya ada satu kunci untuk meraih keduanya, yaitu PERUBAHAN!

Lalu apa yang perlu dirubah? Semuanya yang perlu dirubah. Saya ingat ada pepatah bijak dari salah seorang filsuf: “Hal paling gila adalah berharap keadaan berubah, sedangkan dari hari ke hari kita terus melakukan hal yang sama!”

Artinya, jika ingin keadaan berubah, kita harus sendiri harus melakukan perubahan. Hal paling mendasar dan paling penting untuk dirubah adalah pikiran dan perasaan kita. Cara kita berpikir akan mempengaruhi perasaan kita. Perasaan kita kemudian akan membentuk keputusan kita. Keputusan akan menghasilkan tindakan. Tindakan akan membentuk kebiasaan. Kebiasaan akan membentuk karakter. Dan karakter itulah yang akan membentuk nasib.

Jadi, bila kita ingin merubah nasib, maka yang pertama harus kita rubah adalah pikiran kita sendiri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES