Peristiwa Internasional

Terapkan Total Lockdown, Pemerintah Malaysia Buat Tiga Fase

Sabtu, 29 Mei 2021 - 18:57 | 61.05k
Perdana Menteri Malaysia Tan Sri  Muhyiddin Yassin. (Foto: astroawani.com)
Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin. (Foto: astroawani.com)

TIMESINDONESIA, MALAYSIAPemerintah Malaysia telah menetapkan lockdown nasional secara total untuk semua sektor sosial dan ekonomi mulai Selasa, (01/06/2021) hingga Senin (14/06/2021) mendatang.

"Hanya sektor ekonomi dan jasa penting yang akan diizinkan untuk beroperasi," ujar Tan Sri Muhyiddin Yassin dalam keterangan resminya dilansir dari Twitter Kementerian Kesehatan Malaysia, Sabtu (29/05/2021).

Dalam keterangan resminya, Lockdown Malaysia akan dibuat menjadi tiga fase. Fase pertama bertujuan untuk mengurangi kasus harian Covid-19 yang tercatat menunjukkan peningkatan yang tinggi seperti Sabtu (29/05/2021) ini bertambahnya kasus harian Covid-19 sebanyak 9.020 kasus.

Keterangan resminya Perdana Menteri Malaysia terkait lockdown MalaysiaKeterangan resmi Perdana Menteri Malaysia terkait lockdown Malaysia. (Foto: Twitter Kementerian Kesehatan Malaysia) 

Setelah lockdown fase pertama dianggap berhasil, Pemerintah Malaysia akan melakukan lockdown fase kedua. "Lockdown fase kedua yaitu memperbolehkan sektor ekonomi yang tidak menimbulkan kerumunan dan menerapkan jaga jarak," ucapnya.

"Lockdown fase kedua ini akan diberikan waktu selama 4 minggu (1 bulan) usai berakhirnya lockdown fase pertama," lanjut Perdana Menteri.

Setelah lockdown nasional fase kedua selesai, Pemerintah Malaysia akan memasuki fase ketiga yaitu hampir semua sektor ekonomi dibuka dengan menerapkan SOP yang sudah ditetapkan Pemerintah Malaysia.

Adapun peralihan dari setiap fasenya berdasarkan penilaian Kementerian Kesehatan Pemerintah Malaysia, dengan memperhatikan kasus harian dan kapasitas rumah sakit yang tersedia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES