Wisata

Menikmati Eksotika Hutan Pinus Jahim di Situs Gunung Bitung Ciamis

Sabtu, 29 Mei 2021 - 14:00 | 127.94k
Hutan Pinus Jahim (foto: instagram @exploremajalengka)
Hutan Pinus Jahim (foto: instagram @exploremajalengka)

TIMESINDONESIA, CIAMIS – Mengunjungi Situs Gunung Bitung rasanya tidak lengkap jika tidak menikmati Hutan Pinus Jahim yang ada di sekitar situs tersebut. Hutan dan situs ini berada di Jalan Raya Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Kawasan Situs Gunung Bitung seluas 100 meter persegi ini memiliki hutan pinus yang berderet dan tentunya layak dijadikan spot foto. Kamu akan menemukan hutan pinus ini jika kamu melewati perbatasan antara Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Majalengka.

Hutan-Pinus-Jahim-2.jpgPegunungan Bitung di sekitar area Situs Gunung Bitung Ciamis (foto: museumtalagamanggung.blogspot.com)

Hutan pinus milik Perhutani ini berjejer dan menjulang tinggi yang dapat membuat kamu ingin berlama-lama menikmati pemandangannya. Ditambah suasana sejuk dan kabut area pegunungan menyambut kamu ketika menghabiskan waktu di hutan pinus jahim ini.

Sementara, situs Gunung Bitung tersebut merupakan peninggalan Kerajaan Sunda Galuh Kawali. Tepatnya, yaitu pada masa klasik.

"Masyarakat menyebutnya situs Gunung Bitung karena berada di area pegunungan Bitung. Situs tersebut memiliki batu yang menandakan ini bagian dari peradaban Kerajaan Galuh," terang Juru Kunci Situs Gunung Bitung, Ki Idi Sahidin, Sabtu (29/5/2021).

Hutan-Pinus-Jahim-3.jpgPemandangan Hutan Pinus Jahim yang menjulang dan berderet di sekitar area Situs Gunung Bitung Ciamis (foto: instagram @ernieee6)

Menurut juru kunci yang sudah puluhan tahun menjaga situs tersebut, batu tersebut berdiri tegak setinggi 1,7 meter. Banyak batu-batu panjang yang mengelilingi batu-batu tersebut dengan posisi lebih rendah.

Bahkan, Hutan Pinus Jahim tersebut juga bisa menjadi rekomendasi untuk para pasangan sebagai latar belakang untuk foto pranikah. 

Jadi, destinasi wisata sejarah ke Situs Gunung Bitung di Kabupaten Ciamis ini tidak akan membuatmu menyesal karena adanya suguhan panorama Hutan Pinus Jahim. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES