News Commerce Indonesia Bangkit

Pemuda Seni Probolinggo Lestarikan Reog melalui Sanggar Seni Mardi Budoyo

Sabtu, 29 Mei 2021 - 02:08 | 98.82k
Pemuda Mardi Budoyo siap membangkitkan Kota Probolinggo dengan kesenian. (Foto-foto: Sanggar Seni Mardi Budoyo for TIMES Indonesia)
Pemuda Mardi Budoyo siap membangkitkan Kota Probolinggo dengan kesenian. (Foto-foto: Sanggar Seni Mardi Budoyo for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOSanggar Seni Mardi Budoyo merupakan satu-satunya sanggar kesenian Reog di Kota Probolinggo. Keberadaan sanggar ini ikut melestarikan salah satu budaya Indonesia yang dianggotai oleh pemuda-pemuda bahkan anak-anak.

Lestarikan Reog 2

“Selama ini kesenian hanya diminati oleh orang-orang tua saja, bersifat formal, dan kurang kekinian. Karena itu wajar kurang diminati oleh pemuda pada jaman sekarang,” kata David Iswantoro, pelajar yang juga anggota Sanggar Seni Mardi Budoyo.

David menambahkan, adanya Sanggar Mardi Budoyo menjadikan pemuda-pemuda di Probolinggo lebih terlihat percaya diri dan sangat mudah mengembangkan jiwa seninya.

Lestarikan Reog 3

“Mardi budoyo tidak hanya berpacu dalam Reog saja, tetapi banyak tarian dari daerahnya sendiri sengaja dibuat. Ini bertujuan  agar tidak hanya mengenal tradisi luar saja tetapi juga harus mengenal tradisinya sendiri,” jelas dia.

David mengatakan, Sanggar Seni Mardi Budoyo dalam menggali inspirasi tema tarian berasal dari lingkungan sendiri. Seperti tempat-tempat wisata yang ada di kota Probolinggo. (*)  

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES