Hukum dan Kriminal

Polres Gunungkidul Bekuk Residivis Spesialis Curanmor

Jumat, 28 Mei 2021 - 12:40 | 62.70k
Polres Gunungkidul saat menggelar konferensi pers pelaku pencurian sepeda motor (dua pelaku 2 orang paling kiri) (FOTO: Humas Polres Gunungkidul)
Polres Gunungkidul saat menggelar konferensi pers pelaku pencurian sepeda motor (dua pelaku 2 orang paling kiri) (FOTO: Humas Polres Gunungkidul)

TIMESINDONESIA, GUNUNGKIDUL – Belakangan ini di Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta marak aksi pencurian sepeda motor. Hal ini tentu membuat masyarakat resah. Namun demikian berkat kesigapan dan kerja keras aparat Polres Gunungkidul, pelaku yang diketahui merupakan residivis dalam kasus pencurian sepeda motor ini akhirnya berhasil diringkus.

Kanit Reskrim Polsek Purwosari Iptu Mulyono mengatakan pihaknya berhasil mengungkap kasus itu bermula dari laporan salah seorang warga Kalurahan Girijati Kapanewon Purwosari pada April 2021, yang kehilangan sebuah sepeda motor. 

Kala itu, korban yang merupakan seorang petani hendak mencari pakan ternak di wilayah setempat. Dia yang mengendarai sepeda Yamaha Jupiter Z, sesampainya di lokasi  lantas memarkir sepeda motornya persis di pinggir jalan.

Usai yang bersangkutan selesai mencari rumput dan berniat akan pulang justru dibuat kelabakan sebab sepeda motor senilai jutaan rupiah itu telah raib dari lokasi parkir sebelumnya. Peristiwa tersebut kemudian di laporkan ke Mapolsek Purwosari.

"Dari laporan korban itu, kemudian kita melakukan penyelidikan intensif antara lain mengecek CCTV di jalur sekitar lokasi kejadian," ujarnya, Jumat (28/5/2021).

Sekitar satu bulan melakukan kegiatan penyelidikan bersama personel Satuan Reserse Kriminal Polres Gunungkidul, terduga sebagai pelaku berhasil terlacak. Dia diketahui berinisial S (51) warga Kapanewon Tanjungsari  Gunungkidul. Pria yang sehari-hari bertani itu dibekuk di kontrakannya di wilayah Kabupaten Bantul pada 20 Mei 2021. Pria tersebut merupakan spesialis pencurian sepeda motor. Dari keterangan S, ketika melancarkan aksinya ia ditemani oleh seorang pria yang diketahui berinisial M Warga Kapanewon Piyungan Bantul. M berperan sebagai Joki, sedang S yang sebagai eksekutor.

"M tugasnya mengantar  dan mengamati suasana yang akan jadi target. Dia yang ngasih kode aman atau tidak, kalau sekira aman S kemudian beraksi" tandasnya.

Dari tangan pelaku pihaknya mengamankan sedikitnya 8 buah sepeda motor berbagai merek. Motor motor tersebut dicuri di berbagai wilayah Gunungkidul meliputi Purwosari, Panggang, Saptosari, dan Playen. Selain itu duo alap-alap ini juga beraksi di wilayah Kabupaten Bantul. Pihaknya pun hingga kini masih mencari sejumlah barang bukti sepeda motor yang telah mereka jual. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES