Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Vaksin Covid-19 Mengandung Magnet, Uang Logam Menempel di Lengan

Jumat, 28 Mei 2021 - 09:43 | 213.92k
Video tubuh memiliki daya magnetis setelah divaksinasi covid-19.
Video tubuh memiliki daya magnetis setelah divaksinasi covid-19.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video yang berisi klaim bahwa setelah divaksinasi covid-19, tubuh memiliki daya magnetis. Video tersebut beredar di media sosial dan aplikasi layanan pesan.

Dalam video tersebut, tampak seorang pria yang ingin membuktikan bahwa tubuh mengandung magnet setelah divaksin. Dia menunjukkan bekas suntikan lalu ditempeli dengan uang logam Rp1000 bekas suntikan. Terlihat dalam video, uang logam tersebut menempel di bagian lengan kanannya yang kata pria itu adalah bekas suntikan.

"Ternyata benar, ada daya tarik pada saat mendekat ke tubuh kita, jadi bukan hoaks. Ternyata benar. Kita tidak tau apa maksud dan tujuannya ini. Semoga kita selalu sehat walafiat selalu," ucap pria tersebut.

cek fakta magnet vaksin covid 2Sumber: Tangkapan Layar Video

Video serupa tentang pembuktian adanya daya magnet pada tubuh setelah divaksin, juga beredar di media sosial. Dalam video tersebut, seorang perempuan menginformasikan bahwa suaminya baru divaksinasi yang kedua di Istora Senayan. 

Dalam video tersebut, si perempuan mengatakan dirinya ingin membuktikan bagian tubuh bekas divaksin jika ditempeli uang logam Rp1000 akan menempel.
Tampak dalam video tersebut uang logam benar menempel pada bagian tubuh, tepatnya lengan kiri, yang disebutnya bekas divaksin. 

"Jadi vaksinnya ini mengandung apa gaes, mengandung magnet gaes. O..amazing, tuh lihat saya goyang goyang nggak jatuh kan?"

Perempuan itu melanjutkan pertanyaannya. "Trus gimana dong, takut nih, udah deh bapaknya aja yang divaksin. Bini sama orangtua sama anaknya nggak usah divaksin," ucapnya.

cek fakta magnet vaksin covid 3Sumber: Tangkapan Layar Video

CEK FAKTA

Menurut penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video video yang berisi klaim bahwa setelah divaksinasi covid-19, tubuh memiliki daya magnetis merupakan informasi yang salah. 

Penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi tersebut bertentangan dengan informasi terkait vaksin Covid-19. Vaksin Covid-19 dosisnya kurang dari satu milliliter (mL). Vaksin Pfizer/BioNTech, contohnya, cuma 0.3 mL, sehingga microchip tak muat jika harus dimampatkan ke dalamnya.

Ahli fisika dan pakar medis mengatakan kepada Reuters bahwa vaksin Covid-19 tak mengandung logam atau microchip yang membuat penerima vaksin memiliki reaksi magnetis di lokasi injeksi. Tak satupun vaksin yang disetujui di Inggris dan Amerika Serikat mengandung bahan logam.

cek fakta magnet vaksin covid 5Sumber: Penjelasan Ilmiah Magnet Challenge, Logam Menempel di Lengan Usai Divaksin | TIMES Indonesia

Menurut ahli fisika dari National High Magnetic Field Laboratory Amerika Serikat Eric Palm, tidak mungkin ada microchip magnetis yang terbawa dalam suntikan vaksin Covid-19. Palm menjelaskan ukuran jarum vaksin yang sangat kecil, yakni sepersekian milimeter, hanya akan mampu membawa partikel magnetis dengan kadar yang sangat rendah.

"Bahkan jika Anda menyuntikkan partikel yang sangat magnetis, ukurannya akan sangat kecil, sehingga tidak akan ada kekuatan yang cukup untuk benar-benar menahan magnet yang menempel di kulit Anda," kata Palm sebagaimana dilansir dari laporan BBC pada Kamis (27/5/2021).

cek fakta magnet vaksin covid 6Sumber: Video Viral Logam Menempel di Lengan Setelah Divaksinasi Covid-19 | TIMES Indonesia

Narasi setelah divaksinasi Covid-19, tubuh memiliki daya magnetis juga ditelusuri artikel dengan topik serupa juga telah dimuat dalam jaringan Cek Fakta TIMES Indonesia, di situs cekfakta.com. Informasi Palsu, Tubuh yang sudah divaksin tidak mungkin dapat terkoneksi ke bluetooth dan sebagaimana yang sudah dibantah oleh para ahli kesehatan, bahwa vaksin Covid-19 tidak mengandung microchip, magnet, atau apapun sejenisnya.

cek fakta magnet vaksin covid 7Sumber: [SALAH] Setelah Divaksin, Tubuh Punya Daya Magnetis dan Dapat Dikoneksikan ke Bluetooth | cekfakta.com

KESIMPULAN

Menurut hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi mengenai  setelah divaksinasi Covid-19, tubuh memiliki daya magnetis, merupakan informasi yang salah. Karena informasi ini tidak mencantumkan sumber resmi, dan belum ada data resmi ataupun riset terkait informasi ini.

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tentang setelah divaksinasi Covid-19, tubuh memiliki daya magnetis masuk dalam kategori Misleading content atau konten menyesatkan. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES