Ekonomi

UKM-IKM Nusantara dan UMMU Ternate Kembangkan Star up Wirausaha Muda

Kamis, 27 Mei 2021 - 19:40 | 36.87k
Rektor UMMU Ternate, Saiful Deni (kanan) dan Ketua UKM - IKM Nusantara Malut, Nurlela Syarif sedang menandatangani Mou kerja sama. (Foto : Iwan Marwan)
Rektor UMMU Ternate, Saiful Deni (kanan) dan Ketua UKM - IKM Nusantara Malut, Nurlela Syarif sedang menandatangani Mou kerja sama. (Foto : Iwan Marwan)

TIMESINDONESIA, TERNATEUKM-IKM Nusantara Makulu Utara dan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU Ternate) melakukan Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) untuk pengembangan star up wirausaha muda keren semangat maju bersatu di Maluku Utara yang berlangsung di Aula Rektorat UMMU Ternate, Kamis (27/5/2021) sore.

Ketua Wilayah UKM dan IKM Nusantara Maluku Utara, Nurlaela Syarif mengatakan, program tersebut tidak bertujuan hanya untuk menciptakan mental berwirausaha dikalangan mahasiswa. Akan tetapi ikut melakukan pendampingan secara langsung dan pengembangan sejak dini.

Katanya agar mahasiswa mulai menanamkan niat dan action untuk menjadi pelaku usaha semasa di kampus hingga nanti sampai lulus kuliah. Nurlaela melihat selama ini kampus sebagai tempat kaum intelektual tak sejalan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja dilapangan.

Hal itu menurutnya membuat lulusan dari berbagai perguruan tinggi banyak memberikan dampak pengangguran. Apalagi ia menilai kecenderungan berfikir sarjana di Maluku Utara lebih menginginkan menjadi seorang ASN dengan selalu mempertimbangkan pekerjaan lain.

"Maka dari itu kami perlu bersinergis dengan seluruh stakeholder untuk meningkatkan peluang usaha dan menekan angka pengangguran. Jadi ini baru tahap awal MoU dan pelatihan nanti ada model incubator bisnis yang berkelanjutan," ujarnya.

Rektor UMMU Ternate, Saiful Deni  menyampaikan, MoU yang dilakukan antara kerja sama dua lembaga ini sangat di sambut baik pohak Universitas. Karena Rektor menyebut selama ini beberapa program studi di UMMU Ternate sudah melakukan produksi hasil pangan dari budidaya komuniti pangan lokal.

Hal itu katanya sejalan dengan upaya prodi Ilmu Pertanian dengan mengusung visi misi dalam berdayakan pangan lokal dan telah berhasil mendorong komoditi unggulan rempah - rempah menjadi produk seperti kopi rempah, minuman buah pala, vco oil, minyak kelapa dan produk lainnya.

“Dengan adanya kerjasama ini kami yakin akan mempercepat pengembangan wirausaha di perguruan tinggi," ujar Rektor UMMU Ternate dalam sambutannya.

Acara yang di hadiri 150 mahasiswa UMMU Ternate secara langsung dan juga secara virtual zoom meeting dan live youtube itu turut mendapat dukungan dan sambutan oleh Menteri Koperasi UKM RI, Teten Masduki secara virtual.

Dalam kegiatan ini juga disertai dengan pelatihan UKM-IKM Nusantara Makulu Utara dengan menghadirkan salah satu narasumber dari Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro Kementrian Koperasi RI, Rulli Nuryatno dan Menampilkan juga karya anak muda Ternate dalam bentuk aplikasi marketplace Pasar Ternate dan ojek daerah online atau onde serta pameran produk dari mahasiswa UMMU Ternate.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES