Peristiwa Daerah

Rambut Rontok? Atasi dengan 4 Bahan Alami Ini

Jumat, 28 Mei 2021 - 05:28 | 96.15k
Ilustrasi - Tips mengatasi rambut rontok (Foto: xframe.io)
Ilustrasi - Tips mengatasi rambut rontok (Foto: xframe.io)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami rambut rontok. Bisa karena pertambahan usia, kondisi medis, dan faktor keturunan. Atau akibat proses kimia yang pernah dilakukan, seperti mewarnai dan meluruskan rambut secara permanen dan beberapa faktor seperti kurang asupan gizi,perubahan hormon, efek samping obat-obatan hingga pengaruh psikologis.

Jika dibiarkan terus menerus, rambut rontok bisa berakhir dengan kebotakan.

Nah, sebelum terlanjur parah, kalian dapat mencoba perawatan alternatif dengan beberapa bahan alami. Jika kalian masih ragu-ragu menggunakan produk-produk perawatan rambut kimiawi, kalian bisa loh menggunakan bahan-bahan alami yang bisa kamu temukan di rumah. Selain biaya yang cukup ringan, kalian juga bisa melakukannya sendiri di rumah.

Ini empat bahan alami untuk mengatasi rambut rontok yang bisa dipakai.

1. Lidah Buaya

Lidah buaya atau biasa disebit aloevera memiliki kandungan vitamin A, C, dan E. Dalam lidah buaya berperan dalam memperkuat sel-sel rambut. Inilah manfaat lidah buaya untuk rambut lainnya. Selain membuat rambut tampak berkilau, helai-helainya pun tidak mudah patah.

Aloevera terbukti mengandung vitamin dan mineral yang berkhasiat untuk menghitamkan helaian rambut, merangsang pertumbuhan rambut baru, sekaligus memperbaiki jaringan rambut yang rusak.

Oleh karenanya, jangan ragu lagi untuk mengoleskan gel lidah buaya ke kulit kepala minimal 2 kali dalam seminggu sebagai cara mengatasi rambut rontok.

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa dengan kandungan asam laurat terbukti lebih ampuh membantu mengurangi kekurangan protein pada rambut dibanding dua minyak lainnya. Minyak kelapa mampu terserap sampai ke lapisan batang rambut sehingga membantu mengatasi kerusakan yang terjadi.

Minyak kelapa dapat bekerja sebagai pelembap rambut apabila digunakan sebelum keramas. Utamakan minyak kelapa alami yang bebas bahan kimia untuk memperoleh rambut yang lembut, sehat, dan bercahaya.

3.  Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin A, C, D, E, dan K serta zat besi dan kalsium yang dapat mengurangi rambut rontok. Usapkan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut secara merata, pijat dengan lembut, lalu diamkan selama setengah jam. Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan shampoo seperti keramas biasa. Lakukan setiap hari secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal

4. Yogurt

Khasiat masker yoghurt untuk rambut dan kulit kepala,dalam suatu penelitian ditemukan masker yoghurt cukup membantu dalam memberi nutrisi pada ujung rambut, membantu kerusakan rambut, membersihkan kulit kepala sehingga kulit mati dapat dibersihkan lebih baik sehingga membantu pertumbuhan folikel rambut baru.

Yoghurt juga mengandung vitamin B12 dalam jumlah yang cukup. Vitamin ini ternyata membantu Anda terhindar dari rambut rontok. Bersama B6 dan folat, vitamin B12 membantu membuat sel darah merah, yang membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh sel tubuh, termasuk ke kulit kepala dan folikel rambut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES