News Commerce Indonesia Bangkit

Olahan Ikan Ngesti, Oleh-Oleh Khas Probolinggo

Kamis, 27 Mei 2021 - 05:06 | 121.56k
Outlet produk olahan Ngesti disambangi Wali Kota Probolinggo. (Foto-foto: Dok Ngesti Rahayu for TIMES Indonesia)
Outlet produk olahan Ngesti disambangi Wali Kota Probolinggo. (Foto-foto: Dok Ngesti Rahayu for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Kreasi kuliner di Probolinggo, khususnya berbahan baku olahan ikan, banyak ragamnya. Salah satunya adalah olahan ikan produksi UMKM milik Ngesti Rahayu dengan merek “Ngesti”. Olahan berupa keripik dan kerupuk ini dijadikan sebagai oleh-oleh khas kota berjuluk Bayuangga ini.

Ngesti 2Macam-macam olahan ikan "Ngesti" yang diproduksi oleh Ngesti Rahayu.

Usaha olahan ikan yang dirintis Ngesti Rahayu dimulai sejak 2010.  Tempat tinggalnya di Jalan Ikan Hiu Nomor 2 Mayangan yang berdekatan dengan pantai utara Jawa, mendorong perempuan ini berkreasi di bidang kuliner dengan sumber daya lokal.

“Usaha utama saya memang olahan ikan. Produk yang saya buat antara lain olahan ikan keripik dan kerupuk. Produk saya ini lebih enak sebagai oleh-oleh khas Probolinggo karena kemasan yang unik dan bahan bakunya diambil dari sekitar tempat tinggal sendiri yang dekat area pantai,” jelas Ngesti.

Ngesti mengungkapkan, penjualan hasil produksinya di lokal Probolinggo di antaranya toko, swalayan, dan tempat pusat oleh-oleh.

“Untuk luar kota di antaranya Pasuruan, Surabaya, dan kota di sekitar Probolinggo. Konsumen terbanyak dari Probolinggo dan Pasuruan,” ujar dia.

Ngesti mengatakan, omzet hasil produksinya mencapai Rp 65 juta per bulan. Keuntungan dari penjualan oleh Ngesti dipakai untuk membuka outlet sendiri.

Ngesti 3Gelar produk olahan Ngesti dalam sebuah acara pameran.

“Meskipun sederhana, outlet yang saya dirikan darihasil keuntungan penjualan bisa memberi peluang kerja bagi pengangguran di sekitar tempat tinggal saya,” kata Ngesti.

Ngesti menargetkan, usaha olahan ikan dengan brand Ngesti ini ke depannya penjualan bisa meluas di kota-kota lain di luar Probolinggo. “Mimpi saya olahan ikan “Ngesti” bisa sampai pasar di luar negeri,” tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES