News Commerce Indonesia Bangkit

Laboratorium Lengkap dan Representatif, SMK Kesehatan Adi Husada Malang Siap Cetak Generasi Unggul

Kamis, 27 Mei 2021 - 01:35 | 181.10k
SMK Kesehatan Adi Husada Malang sudah melengkapi sarana dan prasarana untuk menunjang proses belajar siswa, khususnya laboratorium. (Foto-foto: SMK Kesehatan Adi Husada for TIMES Indonesia)
SMK Kesehatan Adi Husada Malang sudah melengkapi sarana dan prasarana untuk menunjang proses belajar siswa, khususnya laboratorium. (Foto-foto: SMK Kesehatan Adi Husada for TIMES Indonesia)
FOKUS

Indonesia Bangkit

TIMESINDONESIA, MALANGSMK Kesehatan Adi Husada Kota Malang siap mencetak generasi unggul di bidang kesehatan. Kesiapan ini ditandai dengan lengkap dan representatifnya sarana dan prasarana, khususnya laboratorium.

“Salah satu prasarana yang sangat penting dalam dunia pendidikan jenjang SMK adalah laboratorium. Keberadaan fasilitas ini sangat penting bagi proses pembelajaran dan peningkatan kecakapan siswa SMK,” kata Luluk Maria Ulfa SKep Ns, Waka Humas SMK Kesehatan Adi Husada, Senin (24/5/2021).

Adi Husada 2

Menurut Luluk, setiap satuan pendidikan wajib memiliki sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan. Selain kelengkapan sarana, prasarana yang meliputi lahan dan ruangan-ruangan yang lengkap juga sangat penting.

Luluk mengungkapkan, SMK Kesehatan Adi Husada yang dipimpin oleh Eny Widyawati SPd Gr ini memiliki 4 laboratorium. Keempat laboratorium ini dapat menunjang proses belajar dan mengajar serta meningkatkan prestasi siswa dalam bidang akademik.

Keempat laboratorium itu adalah Teknik Ilmu Komputer (TIK), dental asisten, farmasi, dan keperawatan. Keempat laboratorium ini memiliki keunggulan masing-masing.

“Laboratorium di SMK Kesehatan Adi Husada didesain layaknya tempat kerja siswa ketika di rumah sakit atau di pelayanan kesehatan lainnya. Sehingga saat lulusan bekerja di layanan kesehatan, siswa tidak akan bingung dan sudah terbiasa dengan suasana bekerja,” jelas Luluk.

Luluk pun mengurai satu per satu empat laboratorium di SMK Kesehatan Adi Husada ini.

1. Laboratorium Teknik Ilmu Komputer (TIK)

Ada dua ruang di laboratorium TIK di SMK Kesehatan Adi Husada ini yang mampu menampung minimal 1 rombongan belajar (rombel).

Laboratorium ini berfungsi sebagai tempat berlangsungngnya kegiatan pembelajaran TIK secara praktik dan juga digunakan sebagai ujian mata pelajaran lain yang berbasis CBT.

Ruangan ini dilengkapi dengan sarana IT di antaranya terdapat 56 komputer dan 56 PC yang bisa dimanfaatkan oleh siswa dalam pembelajaran. Tempat ini juga full Wi-fi yang setiap saat bisa diakses oleh siswa.

“Peralatan laboratorium lainnya seperti LCD monitor, computer server, dan lain-lain. kelengkapan laboratorium TIK ini sangat berpengaruh terhadap kecakapan siswa dalam pembelajaran,” terang dia.

SMK Kesehatan Adi Husada ini selain mampu membekali siswa dengan keahlian sesuai jurusannya, juga menuntut siswa untuk ahli dalam bidang digitalisasi sehingga mampu bersaing di dunia industr 4.0.

2. Laboratorium Dental Asisten

Jurusan Dental Asisten ini adalah jurusan unggulan di SMK Kesehatan Adi Husada. Jurusan ini merupakan satu-satunya yang ada di Kota Malang.

Jurusan ini dilengkapi dengan ruang laboratorium yang  sangat lengkap. Terdapat banyak alat-alat dan bahan yang sangat menunjang proses belajar siswa dental asisten terutama dalam pembelajaran praktik.

Alat dan bahan yang ada di laboratorium di antaranya air (water syringe), low and high speed, saliva ejector, dan lain-lain. Selain itu ada sterilisator, kaca gigi, sonde, tang, handi piece dengan berbagai ukuran.

“Pada pembelajaran praktik, siswa siswi diwajibkan untuk mengenal dan menghafal berbagai macam alat gigi tersebut. Diajarkan juga fungsi dan cara penggunaannya, sehingga siswa siswi lulusan SMK Kesehatan Adi Husada ini tidak diragukan lagi kemampuan dalam praktiknya,” papar Luluk.

3. Laboratorium Farmasi Klinis dan Komunitas

Jurusan Farmasi adalah jurusan yang juga sangat diminati oleh masyarakat. Selain itu jurusan ini mampu mencetak lulusan-lulusan yang kompeten di bidangnya. Sehingga lulusannya sangat dibutuhkan di dunia kerja.

“Dalam proses mencetak lulusan yang kompeten, SMK Keshatan Adi Husada berusaha memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran siswa. Prasarana yang sangat penting adalah laboratorium,” terang Luluk.

Laboratorium Farmasi ini berfungsi sebagai tempat pembelajaran secara praktik yang memerlukan perlatan khusus. Ruang laboratorium yang luas mampu menampung minimal satu rombongan belajar. Disini siswa belajar didampingi oleh guru-guru yang kompeten di bidangnya, yaitu apoteker-apoteker yang memang sudah sangat berpengalaman.

4. Laboratorium Keperawatan

Jurusan Keperawatan merupakan jurusan yang setiap tahunnaya memiliki peminat yang sangat luar biasa banyak. Banyaknya siswa tidak mengurangi kompetensi jurusan ini. Malah memotivasi sekolah untuk terus meningkatkan kualitas.

“Dengan memberikan fasilitas laboratorium yang lengkap, maka akan mampu menunjang dan meningkatkan kompetensi siswa di bidangnya,” kata Luluk.

Kelengkapan laboratorium jurusan keperwatan ini siap bersaing dengan laboratorium sekolah lain. Laboratorium ini mampu menampung minimal 1 rombongan belajar.

Di dalam laboratorium ini sudah terdapat ruang spoolhook, toilet dalam, memiliki 6 bad yang memenuhi standar praktik keperawatan, 7 pantom panggul, 2 pantom tubuh manusia, 2 sterilisator, tiang infus, 6 kursi roda, dan lain-lain yang menunjang proses belajar siswa.

“Semua kelengkapan fasilitas ini menjadi keunggulan jurusan asisten keperawatan,” kata Luluk.

Luluk menambahkan, tidak diragukan lagi SMK Kesehatan Adi Husada mampu mencetak lulusan yang unggul di bidang kesehatan dengan didukung fasilitas laboratorium yang lengkap dan representative.

Selain kelengkapan fasilitas laboratorium, belajar siswa jaga didukung oleh tenaga pengajar yang memang sudah ahli di bidang kesehatan. Seperti apoteker, dokter gigi dan juga perawat yang berpengalaman.

Adi Husada 3

“Tenaga pengajar SMK Kesehatan Adi Husada Kota Malang mampu dengan baik mengimbangi fasilitas laboratorium yang sudah sangat lengkap. Ini semua untuk menunjang pembelajaran dan meningkatkan prestasi belajar muridnya,” kata Luluk. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : M. Rofiul Achsan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES