Gaya Hidup

Burung Merak Liar Terekam Kamera Warga di Hutan Binor Probolinggo

Rabu, 26 Mei 2021 - 13:04 | 237.09k
ILUSTRASI - Burung Merak. (FOTO: kicaumania.net
ILUSTRASI - Burung Merak. (FOTO: kicaumania.net

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOBurung Merak, salah satu satwa langka yang dilindungi sempat terekam kamera amatir warga di Hutan Binor, atau di wilayah KRPH Kabuaran, Desa Binor, Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Tahun-tahun sebelumnya, kemunculan merak itu sangat sering.

Ketua komunitas pecinta rimba dan satwa Indonesia (Perisai), Zainal Abidin Fadilah membenarkan, adanya penampakan merak di kawasan itu.

“Benar, kejadian kemarin lusa. Waktu itu memang ada mobil milik pekerja tambang yang lewat. Tiba-tiba ada merak itu. Merekapun sempat merekam dan melaporkan pada kami,” katanya, Rabu (26/5/2021) siang.

Kemunculan satwa yang terancam punah itu terekam dalam video berdurasi sekitar 19 detik, Satwa itu, diketahui memang hidup di wilayah KRPH Kabuaran, Desa Binor.

Selanjutnya, relawan pecinta hutan dan satwa liar melakukan patroli pengamatan. Hasilnya pun, cukup menggembirakan. Karena ternyata tidak hanya satu merak yang dilihat. Seperti dalam rekaman video amatir itu. Melainkan ada empat ekor.

“Jadi yang nampak itu betinanya. Setelah kami telusuri, ternyata ada empat. Masing-masing dua jantan dan dua betina,” jelas Zainal.

Zainal paham betul kondisi di hutan dekat desanya itu. Kemunculan satwa liar seperti merak, sangat sering. Beberapa tahun lalu. “Tapi semakin ke sini, beberapa tahun belakangan, sangat jarang sekali. Entah bersembunyi atau diburu,” imbuhnya.

Tak hanya merak, di kawasan hutan Binor itu, juga sering muncul satwa liar lainnya. Seperti kijang, burung-burung dan trenggiling. Untuk rusa sendiri, sempat beberapa kali terekam ‘camera trap’ milik Perisai Hutan.

Dari tahun 2014 hingga saat ini, Perisai Hutan tak hentinya melakukan sosialisasi dan edukasi pada masyarakat sekitar. Agar tidak merusak hutan, serta ikut andil aktif dalam pencegahan kebakaran lahan dan hutan.

“Alhamdulillah saat ini pola pikir masyarakat sudah mulai terbuka dan paham. Sehingga jika ada orang lain yang berniat merusak hutan maupun satwa liar di dalamnya, secara otomatis akan dicegah,” sebutnya.

Perisai Hutan, relawan pecinta hutan dan satwa inipun menghimbau masyarakat, untuk selalu menjaga kelestarian ekosistem hutan Binor, Paiton, Probolinggo. Sehingga fauna dan flora di dalamnya, seperti merak, kijang, trenggiling, elang bido dan lain sebagainya, terjaga dengan aman. Sampai pada zaman anak cucu nanti. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES