Gaya Hidup

5 Fakta Unik Ketika Terjadi Gerhana Bulan yang Tidak Kamu Sadari

Rabu, 26 Mei 2021 - 10:46 | 98.62k
Ilustrasi gerhana bulan. (Foto: Sebastian Voortman/Pexels)
Ilustrasi gerhana bulan. (Foto: Sebastian Voortman/Pexels)

TIMESINDONESIA, JAKARTAGerhana bulan merupakan salah satu fenomena alam dimana letak Bumi, Matahari, dan Bulan berada pada satu garis lurus dan Bumi menghalangi cahaya Matahari yang akan dipantulkan pada bulan. Karena itu akan menyebabkan gerhana bulan total.

Fenomena ini kerap kali terjadi di Indonesia dan terbilang cukup langka sehingga menjadikannya momen spesial untuk sebagian orang.

Tetapi apakah kamu menyadari saat gerhana bulan terjadi terdapat fakta dan kejadian unik yang tidak kamu sadari. Yuk kita simak fakta dan kejadian unik saat gerhana bulan terjadi.

1.  Jumlah Nyamuk Meningkat

Siapa yang menduga bahwa saat gerhana bulan jumlah nyamuk lebih banyak?

Penelitian mengungkapkan saat gerhana bulan terjadi populasi nyamuk akan meningkat. Antara lain jenis nyamuk Culex, Aedes, Anopheles, dan Psorophora.

2. Penurunan Suhu Udara

Meskipun tidak semua momen saat gerhana bulan dapat menurunkan suhu udara, tetapi kebanyakan di wilayah tertentu gerhana bulan menyebabkan penurunan suhu. Bahkan di kawasan tertentu saat gerhana bulan terjadi, dapat membuat kondisi berbeda pada hewan yang liar di alam.

3. Peningkatan Volume Air Laut

Fenomena gerhana bulan total atau biasa disebut Super Blood Moon ini dapat meningkatnya volume air laut dan dapat membuat gelombang laut tinggi.

Maka dari itu saat fenomena ini terjadi, masyarakat yang terdapat di pesisir pantai atau laut untuk diimbau menjauhi pantai dan harus tetap siaga.

4. Dapat Mengubah Mood Seseorang

Untuk beberapa orang, saat gerhana bulan terjadi mereka akan mengalami perubahan suasana hati. Menurut penelitian hal ini dapat terjadi karena saat gerhana bulan terjadi tekanan darah dan ritme jantung yang cenderung naik yang menyebabkan mood seseorang akan berubah.

5. Planet Mars akan Tampak

Fenomena gerhana bulan juga dapat menjadi momen dimana kamu bisa melihat planet Mars. Karena saat gerhana bulan terjadi cahaya Matahari yang dipantulkan pada Bulan meredup, sehingga kamu dapat melihat titik merah terang pada langit yaitu planet Mars. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES