Peristiwa Internasional

Kapal Kontainer Berbendera Singapura Terbakar di Sri Lanka

Rabu, 26 Mei 2021 - 07:27 | 164.66k
Sejumlah kapal termasuk kapal Angkatan Laut Sri Lanka tampak sedang berusaha memadamkan api di atas kapal kontainer X-Press Pearl. (FOTO: Angkatan Udara Sri Lanka)
Sejumlah kapal termasuk kapal Angkatan Laut Sri Lanka tampak sedang berusaha memadamkan api di atas kapal kontainer X-Press Pearl. (FOTO: Angkatan Udara Sri Lanka)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKapal kontainer X-Press Pearl  berbendera Singapura, Selasa (25/5/2021) terbakar di Pelabuhan Kolombo, dan 25 awaknya berhasil diselamatkan oleh Angkatan Laut Sri Lanka.

Dilansir BBC, kapal tersebut membawa 1.486 kontainer dengan 25 ton asam nitrat dan beberapa bahan kimia dan kosmetik lainnya dari pelabuhan Hazira, India, pada 15 Mei.

Pihak Angkatan Laut mengatakan,  ledakan telah terdengar di dalam kapal pada pagi hari.

Kapal Kontainer terbakar 2

Kapal tersebut kemudian mengirimkan panggilan darurat saat berada di dekat Pelabuhan Kolombo setela terbakar. Angkatan Laut Sri Lanka langsung mengirim kapal untuk mengendalikan api.sebagai tanggapan.

"Setidaknya delapan kontainer kargo terjatuh ke laut dan kapal itu dilaporkan tidak stabil,"kata Otoritas Perlindungan Lingkungan Laut (MEPA).

Angkatan Laut Sri Lanka mengatakan telah menyelamatkan 25 awak kapal kargo tersebut. "Dua orang India yang terluka di antara yang diselamatkan telah dirawat di rumah sakit untuk perawatan," kata pihak Angkatan Laut.

Awak kapal kontainer itu terdiri dari sejumlah warga negara diantaranya Filipina, Cina, India, dan Rusia.

Angkatan Udara Sri Lanka (SLAF) mengatakan telah mengerahkan helikopter Bell-212 untuk menjatuhkan bubuk kimia kering di X-Press Pearl untuk memadamkan api.

Sementara operasi ini sedang berlangsung di tengah cuaca buruk, Otoritas Perlindungan Lingkungan Laut Sri Lanka mendesak warga di ibu kota Kolombo untuk menghindari pergi ke pantai dan menyentuh benda mengambang di air karena mungkin bahan kimia dari api yang terbakar.

Otoritas Perlindungan Lingkungan Laut Sri Lanka juga telah melakukan penyelidikan untuk menilai apakah telah terjadi kerusakan lingkungan akibat kebakaran kapal kontainer X-Press Pearl  berbendera Singapura tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES