Peristiwa Internasional

PBB Puji "Bapak Padi Hibrida" Yuan Longping sebagai Pahlawan Pangan Sejati

Senin, 24 Mei 2021 - 18:36 | 102.08k
Yuan Longping Saat masih hidupnya. (FOTO: dok China Xinhua News)
Yuan Longping Saat masih hidupnya. (FOTO: dok China Xinhua News)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memuji Yuan Longping, yang dikenal sebagai "Bapak Padi Hibrida", sebagai pahlawan pangan sejati.

Hal itu karena atas jasanya dalam pengembangan jenis padi hibrida pertama dan telah menyelamatkan warga tak terhitung jumlahnya dari kelaparan.

"Kami berduka atas meninggalnya pahlawan pangan sejati. Ilmuwan Tiongkok Yuan Longping menyelamatkan jutaan orang dari kelaparan dengan mengembangkan jenis padi hibrida pertama," demikian tulis Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial (DESA) PBB, dikutip dari media China Xinhua News, Senin (24/5/2021).

"Turut berduka cita atas meninggalnya Tuan Yuan Longping! Seorang pria yang memberikan kontribusi besar bagi Tiongkok dan dunia! Seorang pria yang akan dikenang selamanya," ujar Zhang Jun, perwakilan tetap Tiongkok untuk PBB.

Setelah menghabiskan lebih dari lima dekade dalam penelitian padi hibrida, Yuan, seorang akademisi dari Akademi Teknik Tiongkok, telah membantu Tiongkok membuat keajaiban besar, memberi makan hampir seperlima dari populasi dunia dengan kurang dari sembilan persen dari total lahan dunia.

Lahir di Beijing pada tahun 1930, Yuan berhasil membudidayakan padi hibrida unggul pertama di dunia pada 1973 silam, yang kemudian ditanam dalam skala besar di Tiongkok dan negara-negara lain untuk meningkatkan hasil secara substansial.

Selama empat dekade berikutnya, ia terus meneliti dan meningkatkan padi hibrida yang telah mencapai generasi ketiganya.

Di Tiongkok, di mana beras menjadi makanan pokok bagi 1,4 miliar penduduknya, akumulasi luas tanam padi hibrida telah melebihi 16 juta hektare, atau 57 persen dari total luas tanam padi, membantu memberi makan sebanyak 80 juta orang setahun.

Disebutkan, luas pertumbuhannya di luar negeri telah mencapai delapan juta hektare. Dan PBB memuji Yuan Longping, yang dikenal sebagai "Bapak Padi Hibrida", sebagai pahlawan pangan sejati. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES