Tekno

Google Luncurkan Fitur Terbaru untuk Kurangi Penyebaran Hoaks

Selasa, 25 Mei 2021 - 01:27 | 130.85k
Ilustrasi. Hoaks. (FOTO: Thinstock)
Ilustrasi. Hoaks. (FOTO: Thinstock)

TIMESINDONESIA, JAKARTAGoogle terus berupaya mengurangi penyebaran hoaks di masyarakat. Salah satunya dengan menyiapkan fitur terbaru agar masyarakat tak lagi menyebar hoaks dari website atau situs yang tidak terpercaya.

Google menamakan fitur terbarunya sebagai "Tentang Hasil Pencarian". Fitur ini akan muncul di bagian bawah situs web dalam daftar hasil pencarian.

Pengguna akan mendapat informasi terkait website tersebut seperti bagaimana mereka mendeskripsikan dirinya, apa yang orang lain pikirkan tentang website itu dan tautan link ke Wikipedia.

Jika website yang ditemukan tidak punya halaman Wikipedia, maka Google akan memberikan informasi lain seperti kapan pertama kali website tersebut diindeks oleh Google. Tentu hal ini sangat membantu apakah website tersebut bisa terpercaya atau hanya website yang baru dibuat untuk menyebarkan hoaks.

Intinya Google akan membantu pengguna untuk menilai apakah website yang mereka temukan saat pencarian terpercaya atau tidak. Semakin sering fitur ini digunakan maka informasi yang akan didapat nantinya akan semakin akurat.

Fitur untuk mengurangi penyebaran hoaks tersebut sebenarnya sudah diperkenalkan Google pada bulan Februari lalu. Namun akhir bulan ini akan diluncurkan secara resmi dalam bahasa Inggris sebelum menyusul bahasa lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES