Peristiwa Internasional

Upaya Perlindungan WNI, KBRI Washington DC Gelar Vaksinasi Covid-19

Senin, 24 Mei 2021 - 08:51 | 32.02k
WNI di Wilayah District of Columbia, Maryland dan Virginia (DMV). (foto: Dok.KBRI Washington DC)
WNI di Wilayah District of Columbia, Maryland dan Virginia (DMV). (foto: Dok.KBRI Washington DC)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebagai salah satu wujud konkrit diplomasi pelindungan bagi WNI dan diaspora Indonesia di luar negeri, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington DC bekerja sama dengan organisasi-organisasi masyarakat Indonesia dan dinas kesehatan setempat Amerika Serikat, berinisiatif menggelar vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat luas di wilayah District of Columbia, Maryland dan Virginia (DMV).

Dalam kegiatan tersebut, KBRI Washington DC menggandeng sejumlah organisasi masyarakat Indonesia, yaitu Indonesian American Association (IAA), Paguyuban Tiyang Jawi Washington DC, dan Rumpun Wargi Pasundan USA, serta Fairfax County Health Department dan Neighborhood Health, Amerika Serikat.

Minister Counselor/Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Washington DC, Gustaav Ferdinandus, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memaksimalkan pelindungan dan memperluas akses vaksin Covid-19 bagi WNI dan diaspora Indonesia di AS.

“Bentuk kerja sama KBRI Washington DC dengan pemerintah daerah setempat di AS dan organisasi masyarakat yang sangat baik ini akan diupayakan terus berlanjut sehingga manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat dan diaspora Indonesia,” sambung diplomat yang sebelumnya pernah bertugas di KJRI New York dan KBRI Praha ini, Senin (24/5/2021) waktu setempat.

Upaya ini mendapat sambutan sangat baik dan positif dari masyarakat yang hadir. Hal ini karena proses vaksinasi dirasakan sangat mudah dan nyaman. Peserta cukup mendatangi lokasi vaksinasi dan menunjukkan kartu identitas atau paspor.

“Saya sangat terbantu dengan program ini, karena selama ini mengalami kesulitan registrasi dan mendapat jadwal di sela-sela waktu bekerja,” ungkap ibu Janna, seorang WNI yang bermukim di Maryland. “Pilihan waktu penyelenggaraan dan proses vaksinasi yang diatur oleh Neighborhood Health dengan sistem walk-in (datang langsung) sangat menguntungkan,” tambahnya.

Masyarakat Indonesia yang memiliki anak usia 12 tahun ke atas juga sangat mengapresiasi program ini. “Proses vaksinasi sangat jelas, simpel, dan tidak menyulitkan bagi saya dan anak-anak,” ungkap Ibu Yoni, WNI yang bermukim di Virginia, yang menemani empat anaknya untuk mendapatkan vaksinasi.

Sebagaimana diketahui, Badan Obat dan Makanan AS (U.S. Food and Drug Administration) telah memberikan otorisasi vaksin Pfizer untuk diberikan kepada anak-anak yang berusia 12 tahun ke atas sejak tanggal 10 Mei 2021. Kebijakan ini merupakan momentum yang tepat, khususnya kepada anak-anak WNI dan diaspora di wilayah DMV untuk memperoleh vaksin.

Ke depan, KBRI Washington DC akan terus bekerja sama dengan organisasi/komunitas masyarakat dan diaspora Indonesia serta pemerintah daerah maupun organisasi setempat untuk menyelenggarakan program-program lanjutan bertema kesehatan, khususnya sosialisasi fasilitas dan pelayanan medis yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan diaspora Indonesia di AS.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES