Peristiwa Internasional

Filipina Punya GOR Terbesar di Dunia, Kok Bisa?

Senin, 24 Mei 2021 - 02:03 | 206.17k
GOR Philippine Arena tampak luar. (Foto: Popolus.com)
GOR Philippine Arena tampak luar. (Foto: Popolus.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sejak dahulu, Filipina dikenal sebagai salah satu negara lumbung padi di Asia Tenggara. Hal ini karena filipina sebagai penghasil padi terbesar. Seiring berjalannya waktu, negara ini pun menjelma sebagai salah satu negara modern di Asia Tenggara.

Contohnya saja beberapa kota yang berhasil disulap menjadi kota metropolitan. Tak mengherankan jika berbagai fasilitas penunjang mulai dibangun sebagai sarana untuk branding.

GOR Philippine 2

Contohnya adalah pembangunan GOR terbesar di Filipina yakni Philipine Arena yang mendapatkan predikat terbesar di dunia versi Guiness World Record pada tahun 2014 lalu. Apa istimewanya GOR ini dan apa saja tempat keren di Filipina selain GOR ini? Berikut ulasannya!

Selain sebagai GOR terbesar di dunia, di sini juga ada berbagai macam fasilitas terbaik untuk kegiatan olahraga tingkat dunia. Dari segi luasnya, GOR Philippine Arena berdiri di atas tanah seluas kurang lebih 140 hektare.

Sistem drainase-nya pun sangat baik dengan adanya pohon-pohon dan lubang saluran air. Sementara, untuk kapasitas kursinya sendiri adalah 50.000 kursi penonton. Dengan begitu, Philipine Arena berhasil mengungguli Saitama Super Arena yang ada di Jepang.

Stadion kebanggan warga Jepang tersebut hanya menampung sekitar kurang lebih 37 ribu kursi penonton.

Bahkan proses pembangunannya sendiri, memakan biaya kurang lebih sekitar 9.4 milyar Peso atau jika dirupiahkan setara dengan Rp31 triliun.

Selain digunakan untuk perhelatan olahraga, GOR terbesar ini juga digunakan untuk berbagai kegiatan lainnya seperti konser musik, olahraga dan sebagainya.

Digunakan Sebagai Venue Pembukaan SEA GAMES 2019

Keberadaan Philipine Arena memberikan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Filipina. Bahkan GOR ini juga digunakan dalam upacara Grand Opening Sea Games tahun 2019 lalu. Pemilihan GOR tersebut memang bukan tanpa alasan, sebab dari segi kapasitas memang sudah tidak diragukan lagi.

GOR  Philipine Arena juga digunakan untuk mempertandingkan beberapa cabang olahraga. Pada gelaran upacara pembukaan tersebut melibatkan berbagai atlet, seniman, dan kontestan ratu kecantikan Filipina.

Bahkan para supporter masing-masing negara unjuk kebolehan. Maka tak heran jika GOR terbesar milik Filipina ini dengan perhelatan pembukaan SEA Games 2019 yang lalu mampu menyedot perhatian warga dunia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES