Tekno

Begini Kronologi Peretasan Fanpage Facebook 'Dawuh Mbah Husein Ilyas Mojokerto'

Minggu, 23 Mei 2021 - 15:51 | 80.16k
Ilustrasi - Peretas (FOTO: Freepik)
Ilustrasi - Peretas (FOTO: Freepik)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Admin Fanpage Facebook 'Dawuh Mbah Husein Ilyas Mojokerto', Aziz Fatchurrohman mengungkap kronologi peretasan halaman fanpage miliknya.

Awalnya pada tanggal 27 Desember 2020 saya membuat halaman/fanpages akun Fecebook miliknya An.Dawuh Mbah Husein dan memiliki sekitar 134.000 (seratus tiga puluh empat ribu) pengikut (followers) dan mengoperasikan (mengakses) halaman akun fanpages tersebut dengan menggunakan 1 (satu) unit HP Redmi Note 8 warna biru.

Namun ponsel yang pernah ia gunakan untuk mengontrol aktivitas akun tersebut hilang.

Berkas-pengaduan-admin-Fanpage-Facebook.jpg

Berkas pengaduan admin Fanpage Facebook, Aziz Fatchurrohman kepada pihak yang berwenang. (FOTO: Dok. Aziz Fatchurrohman for TIMES Indonesia)

"Kemudian pada hari Minggu tanggal 4 April 2021 sekira 14.00 wib 1 (satu) unit HP Redmi Note 8 warna biru yang  saya gunakan untuk mengakses akun Dawuh Mbah Husein Ilyas tersebut hilang saat di acara haflah (pengajian) di Ponpes Al Asyariah 7, Kel. Kalierang, Kec.Selomerto, Kabupaten Wonosobo," ungkapnya kepada TIMES Indonesia, Minggu (23/5/2021).

Berselang 4 hari semenjak kehilangan gawai pribadinya, Aziz kembali membeli baru dan mengaktifkan kembali fanpage tersebut.

"Selanjutnya pada hari Kamis tanggal 8 April 2021 saya membeli 1 (satu) unit HP merk Xiaomi Poco dan mengaktifkan lagi akun fanpages facebook milik saya tersebut," terangnya.

Aktivitas akun lancar kembali selama beberapa minggu. "Pada tanggal 24 April 2021 saya mengganti nama halaman facebook tersebut menjadi 'Dawuh Mbah Husein Ilyas Mojokerto'," ungkapnya.

Tiga hari usai penggantian nama akun menjadi Dawuh Mbah Husein Ilyas Mojokerto, akun diambil alih paksa. Dan admin tidak bisa mengakses kembali akun Fanpage Facebook yang memiliki 130 ribu lebih pengikut ini. "Kemudian pada hari Selasa tanggal 27 April 2021 kurang lebih pukul 07.00 WIB halaman facebook tersebut tidak bisa saya akses dan diduga telah diambil alih orang lain tanpa izin saya," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES