Pemerintahan

Kominfo RI Umumkan Sudah Blokir Situs Raid Forum yang Bocorkan Data Masyarakat Indonesia

Minggu, 23 Mei 2021 - 11:21 | 52.81k
Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI), Dedy Permadi saat memberikan keterangan pers di Jakarta (FOTO: Dokumen/Kominfo)
Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI), Dedy Permadi saat memberikan keterangan pers di Jakarta (FOTO: Dokumen/Kominfo)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI), Dedy Permadi mengumumkan bahwa, pihaknya sudah memblokir situs Raid Forum yang diduga membocorkan data masyarakat Indonesia. 

Menurut Dedy, Raid Forum merupakan situs forum yang membocorkan 279 juta data kependudukan warga negara Indonesia. Situs tersebut tempat para hacker menyebarkan data kependudukan WNI yang kini menjadi sorotan global.

Dedy-Permadi-2.jpg

Dedy memastikan, tidak akan ada lagi jumlah data penduduk Indonesia yang bocor di Forum ilegal tersebut. Oleh karena itu, dia meminta masyarakat lebih tenang dan pemerintah akan menjamin keamanan datanya.

"Raid Forums teridentifikasi sebagai forum yang banyak menyebarkan konten yang melanggar perundang-undangan di Indonesia, sehingga website tersebut, termasuk akun bernama Kotz sedang dilakukan proses pemblokiran," kata Dedy di Jakarta, Minggu (23/5/2021).

Dedy-Permadi-3.jpg

Kemudian, terkait dugaan data masyarakat yang ada di BPJS kesehatan telah diperjualbelikan di Raid Forum. Dia memohon kepada masyarakat agar bertahan dan tidak gegabah. Dia menunggu hasil investigasi internal BPJS kesehatan.

"BPJS segera akan memastikan dan menguji ulang data pribadi yang diduga bocor. Langkah-langkah pengamanan data akan dilakukan oleh BPJS untuk memitigasi risiko kebocoran data pribadi yang lebih luas," ucap Dedy.

Sebagai informasi, sebelumnya, media sosial dihebohkan dengan kabar kebocoran 279 juta data penduduk. Kebocoran itu diungkap seorang peretas di forum Raid Forum. Peretas menjual data itu seharga 0,15 bitcoin atau setara dengan Rp 87 juta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES