Wisata

Catat! Festival Jember Kota Cerutu Indonesia 2021 Bakal Digelar Juli Mendatang

Sabtu, 22 Mei 2021 - 10:11 | 55.33k
Bupati Jember Hendy Siswanto (kiri) dan Febrian Ananta Kahar, pimpinan PT BIN Cigar usai beraudiensi tentang JKCI 2021, Jumat (21/5/2021). (Foto: Arip Ripaldi/TIMES Indonesia)
Bupati Jember Hendy Siswanto (kiri) dan Febrian Ananta Kahar, pimpinan PT BIN Cigar usai beraudiensi tentang JKCI 2021, Jumat (21/5/2021). (Foto: Arip Ripaldi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBERFestival Jember Kota Cerutu Indonesia (JKCI) 2021 bakal digelar Juli mendatang. Event tersebut digadang-gadang menjadi event cerutu terbesar di Kawasan Asia Pasifik.

Kabar tersebut disampaikan langsung Bupati Jember Hendy Siswanto usai mengadakan pertemuan dengan sejumlah pimpinan PT Boss Image Nusantara (BIN) Cigar di Pendapa Wahyawibawa Jember, Jumat (21/5/2021) malam kemarin.

"Insyaallah di bulan Juli kita (Jember, Red) akan jadi tempat festival cerutu terbesar dan ini kelas internasional serta ini bisa menjadi daya ungkit kebangkitan perekonomian Jember," kata Hendy.

Hendy menerangkan, JKCI 2021 ini akan menjadi ajang besar pertama untuk mempromosikan produk cerutu asli Jember di 2021.

Bakal ada agenda-agenda serupa di tahun-tahun mendatang.

"Inilah wujud nyata kami sebagai Pemerintah Kabupaten Jember kepada teman-teman pengusaha dan para petani terutama untuk mendapatkan yang terbaik. Mereka bercocok tanam tembakau dan lainnya, pemerintah ini mendukung dan ingin bersama-sama sukses, tidak hanya di Jember tetapi juga di dunia," tutupnya.

Senada, Febrian Ananta Kahar, pimpinan PT BIN Cigar, pabrik cerutu ternama di Jember, mengatakan bahwa pengusaha membuat acara bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam rangka menjadikan satu tujuan yaitu Jember Kota Tembakau dan Jember Kota Cerutu.

"Memang Jember sudah dideklarasikan oleh La Nyala Mataliti pada tahun 2019, sebagai Jember Kota Cerutu Indonesia. Ini adalah pemantiknya bersama pemkab kita bekerja sama menjadikan Jember Wes Wahaye Luwih Apik (sudah saatnya lebih baik, Red)," ujar Febrian.

Ia juga mengatakan, audensi pihaknya dengan Bupati Jember ini adalah langkah awal.

Ke depan, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dengan Pemkab Jember untuk pelaksanaan Festival Jember Kota Cerutu Indonesia.

"Tidak hanya didukung oleh Pemkab saja tetapi Pemprov Jatim dan Kemenparekraf serta Kemenlu karena ini even internasional," imbuhnya. 

Selain itu, Febrian juga menegaskan peserta yang akan hadir dalam gelaran itu sudah dibatasi, maksimal 100 orang dan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

"Tiketnya ini tidak dijual, semua ini adalah tamu undangan. Mulai dari kedutaan dan pengusaha dari seluruh Indonesia dan internasional," katanya. 

Dalam gelaran JKCI 2021 ini sudah ada dua negara yang konfirmasi akan hadir dari Taipei dan Korea Selatan. 

"Hari ini kami minta persetujuan dengan bapak Bupati untuk acara ini, setelah mendapat persetujuan langkah selanjutnya kami akan publikasikan," tambahnya.

Festival Jember Kota Cerutu Indonesia (JKCI) 2021 bakal digelar Juli mendatang. Event tersebut digadang-gadang menjadi event cerutu terbesar di Kasawan Asia Tenggara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES