Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[CEK FAKTA] Video Tentara Indonesia Tiba di Palestina

Jumat, 21 Mei 2021 - 18:02 | 144.83k
Video tentara Indonesia sedang bertugas dengan mengendarai tank milik PBB (UN) beredar di Facebook.
Video tentara Indonesia sedang bertugas dengan mengendarai tank milik PBB (UN) beredar di Facebook.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Video yang menunjukkan tentara Indonesia sedang bertugas dengan mengendarai tank milik PBB (UN) beredar di media sosial Facebook. Dalam video tersebut disertai narasi kedatangan tentara indonesia di Palestina

Berikut narasi yang disematkan dalam video:

Kedatangan tentara indonesia di Palestina
Subhanallah

Video berdurasi 20 detik yang disertai narasi tersebut diunggah oleh akun Facebook: Tuấn Muda Divin. Selain narasi dalam video, akun tersebut juga menulis dalam halaman akun Facebook-nya sebagai berikut:

Alhamdulillah TNI sampai di PALESTINA. siap tempur. LoveTNI

Video dan narasi tersebut diunggah pada 15 Mei 2021 pukul 14.38 WIB. Hingga Jumat (21/5/2021) pukul 17.55 WIB, tercatat 12 komentar dan sekitar 2.300 kali ditonton.

cek fakta tentara indonesia 2Sumber: Tangkapan layar Facebook

Namun, ketika ditelusuri pada pukul 19.20 WIB, postingan tersebut telah mengalami penyuntingan narasi, dengan menghapus kata LoveTNI

cek-fakta-tentara-indonesia-8.jpgSumber: Tangkapan layar Facebook

CEK FAKTA

Menurut penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, video yang diklaim sebagai kedatangan TNI di Palestina tersebut merupakan informasi yang salah. 

Penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, peristiwa dalam video tersebut bukan di Palestina, tetapi di Lebanon. 

Video tersebut merupakan video peliputan seorang mahasiswi dari Universitas Lebanon bernama Gadir Hamed. Perempuan ini mengikuti kegiatan TNI yang tergabung dalam Batalyon Indonesua yang sedang menjalankan misi perdamaian di Lebanon.

Video asli pernah diunggah oleh channel YouTube UNIFIL pada 16 Oktober 2013. Video tersebut berjudul: The Challenge - Gadir & the Indonesians. Video ini berdurasi 13 menit 11 detik.

Video tersebut menggambarkan kisah Gadir Hamed bergabung dengan Batalyon Indonesia di UNIFIL dalam one day tour de force. 

Dalam deskripsi video dituliskan, Gadir Hamed  tak hanya mengikuti satu armada berpatroli, tetapi 2 armada sekaligus dalam sehari. Di satu waktu armadanya mengikuti tentara Lebanon, setelah itu mengikuti rombongan Blue Line, yang membawa Mobil Pintar untuk murid-murid sekolah, mobil jamuan makan dengan makanan Indonesia, atau bahkan mobil berisi pelaku pameran budaya dengan ratusan artis atau penari didalamnya, dan masih banyak lagi.

cek-fakta-tentara-indonesia-5.jpgSumber: The Challenge - Gadir & the Indonesians | YouTube

Dilansir dari laman resminya, UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon) merupakan organisasi pasukan sementara PBB di Lebanon yang mendaoat mandat untuk memastikan gerak mundurnya Israel dari Lebanon, mengembalikan kedamaian dan keamanan internasional, dan membantu pemerintah Lebanon untuk mengembalikan otoritas efektifnya di area tersebut.

cek-fakta-tentara-indonesia-6.jpgSumber: UNIFIL Mandate

Terkait dengan peran UNIFIL terbaru, diberitakan oleh TIMES Indonesia, Pasukan Sementara PBB di Lebanon itu memastikan stabilitas di kawasan Gaza. Langkah tersebut diambil beberapa jam setelah tembakan lintas batas dari Lebanon.

UNIFIL juga menyatakan telah bekerja dengan Lebanon dan Israel untuk mengurangi ketegangan.

"Kepala Misi UNIFIL tetap berhubungan dengan para pihak terkait untuk memastikan stabilitas di daerah tersebut dan mengurangi ketegangan yang ada," kata penjaga perdamaian dalam sebuah kicauan seperti dilansir dari Al Arabiya, Selasa (18/5/2021).

cek fakta tentara indonesia 4Sumber: Tiba di Lebanon, PBB Pastikan Stabilitas dan Keamanan | TIMES Indonesia

KESIMPULAN

Berdasar hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, klaim video kedatangan tentara Indonesia di Palestina merupakan informasi yang salah. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori False Context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES