Kopi TIMES

Pemurah yang Pelit

Jumat, 21 Mei 2021 - 17:00 | 24.99k
Pemurah yang Pelit
Faizal Alfa, Direktur PT Fortuna IMarks Trans

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sarapan Pecel hari itu di Pecel Bu Siti, di kawasan Permata Jingga di Kota Malang. Tandem duet sarapannya adalah Sam Indra. Beliau adalah perintis usaha Taman Jajan Al Fatih, yang konsepnya adalah PUJASERA (Pusat Jajan Serba Ada) dengan menggandeng mitra mitra pengisi stand. Konsepnya menarik, dengan menyediakan tempat bermain anak di lokasi. Jelas, segmen keluarga adalah spesifik yang dibidik.

Sam Indra yang wajahnya mirip dan ala ala Kang Dewa Eka Prayoga ini perlu diskusi tipis-tipis dengan Saya, karena Beliau baru beli modul Saya Laris Manis Tanjung Kimpul, Kuliner Online Laris Duit Ngumpul, tapi maunya serah terima langsung, tidak mau dikirim pakai kurir, makanya, prosesi sarapan pecel, kemudian jadi pilihan serah terima barang hasil transaksi.

Sambil nyemil mendol, ternyata diskusi mengarah ke salah satu merek kuliner yang dilahirkan oleh Sam Indra akibat dampak pandemi corona. Namanya adalah Ayam dan Bebek Sedulur. Saya nyeletuk nyerocos tentang fenomena yang Saya amati dari pola-pola yang ditempuh oleh merek baru saat mulai menunjukkan eksistensi. Saya merangkumnya dalam sebaris kalimat : "Pemurah Yang Pelit"

Spontan, Sam Indra menunjukkan raut terkejut, dan tanya balik : "Opo Iku Sam?"

Kalau mau dicermati, ini adalah situasi umum yang jamak ditemui. Saya pernah share di akun Instagram @alfafaizal. Situasi ini terjadi di usaha Anda, terjadi di usaha Mereka, terjadi di usaha Saya. Kita ini terlalu royal pada prospek konsumen baru, tapi teramat pelit pada konsumen yang sudah ada dan sudah beli selama ini. Ayo, coba diingat ingat, iya apa iya?

Kalau ditanya, ada program apa sebagai upaya untuk menarik dan memikat prospek konsumen baru? Nampaknya Kita akan sigap cepat melesat menjawab, dan punya satu, dua, tiga program yang sudah disiapkan atau dirancang untuk dilaksanakan. Ada program produk gratis, ada diskon, ada bonus, ada suvenir, ada hadiah, lengkap Kita punya rencana. Perlu dana nggak untuk mewujudkan itu? Dengan mantap Kita jawab bahwa anggaran sudah dialokasikan. Royal! Pemurah pada para calon konsumen yang mau digaet, antusias!

Tapi, kalau bicara, ada program apa untuk konsumen yang sudah beli? Mendadak sepi, tiba tiba hening, Kita bingung seketika, dan suara di dalam kepala Kita seolah berkata "Iya ya, kok nggak merancang program untuk para konsumen yang ada?" Apakah karena mereka sudah beli? Sudah dalam wilayah Kita, sudah berhasil digaet, toh sudah beli, jadi tidak perlu penanganan macem-macem, sudah terpegang tangan.

Playboy! Iya nggak, terwakili kelakuannya ya? Jadi saat belum dapat, mengejar dengan giat. Giliran sudah dapat, diabaikan dengan sangat cepat. Kenapa begitu? Toh, bisa cari yang lain lagi, kan sudah tau caranya, tinggal mengulangi prosesi. Sebuah pola kelakuan yang seolah lumrah, dan jika tidak mawas diri, akan dilakukan secara berkelanjutan, tanpa kesadaran atas kesalahan.

Kita sibuk memikat, lupa mengikat. Kita sibuk menambah konsumen baru dengan cepat, tapi tidak ada upaya serius untuk merawat. Perumpamaannya seperti mengisi tandon yang kondisinya bocor. Dari atas ada pipa pengisi, tapi di bagian bawah tandon ada lubang yang membuat air terhambur tanpa henti. Diisi sepuluh liter, bocornya sepuluh liter juga. Sibuk pengisian, tanpa sadar sebenarnya tidak terjadi pertumbuhan, karena tetap impas terus angkanya, ketambahan konsumen baru berapa, tapi konsumen lama berangsur hilang juga entah kemana.

Padahal, kalau direnungkan, yang menghidupi perusahaan selama ini, konsumen yang sudah beli, atau, prospek yang masih di luar, menggoda hati? Tentu konsumen yang sudah beli kan? Tapi, apa program yang Kita pikirkan untuk sayang sayangin mereka? Betah betahin mereka? Bikin balik lagi, balik sering, dan ajak ajak yang sejenis mereka? Artinya, cari yang baru penting, merawat yang ada juga penting, menjadi pemurah yang tepat sasaran yah.

***

*) Oleh: Faizal Alfa, Direktur PT Fortuna IMarks Trans

*) Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi timesindonesia.co.id

**) Kopi TIMES atau rubrik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: opini@timesindonesia.co.id

**) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim apabila tidak sesuai dengan kaidah dan filosofi TIMES Indonesia.
Tulisan ini ditulis oleh Faizal Alfa konsultan pemasaran sejak 2008 dan Saat ini menjabat sebagai Direktur PT Fortuna IMarks Trans



Publisher : Rizal Dani

EKORAN

TERBARU

  • Jakarta Mengalami Rekor Angka Covid-19, Gubernur Anies: Sabtu-Minggu di Rumah Saja
    Jakarta Mengalami Rekor Angka Covid-19, Gubernur Anies: Sabtu-Minggu di Rumah Saja
    19/06/2021 - 13:00
  • Pelita Hati School Gelar Wisuda Drive Thru, Arum Sabil Titip Pesan kepada Orangtua dan Sekolah
    Pelita Hati School Gelar Wisuda Drive Thru, Arum Sabil Titip Pesan kepada Orangtua dan Sekolah
    19/06/2021 - 12:42
  • PDAM Tirta Anom Informasikan Tagihan Rekening Via Aplikasi Android
    PDAM Tirta Anom Informasikan Tagihan Rekening Via Aplikasi Android
    19/06/2021 - 12:35
  • Lonjakan Kasus Covid-19, Kapolres Banjar Dampingi Wali Kota Imbau Prokes
    Lonjakan Kasus Covid-19, Kapolres Banjar Dampingi Wali Kota Imbau Prokes
    19/06/2021 - 12:28
  • 225 Nakes Kabupaten Bandung Terpapar Covid-19
    225 Nakes Kabupaten Bandung Terpapar Covid-19
    19/06/2021 - 12:14

TIMES TV

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

Rektor UIN Maliki: Genjot Kualitas SDM menuju Smart Islamic University

01/04/2021 - 15:58

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi

Rektor UNU: Merdeka Belajar di Tengah Pandemi
Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo

Tangis Haru Warnai Penganugerahan Doktor Kehormatan Doni Monardo
Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan

Peresmian SPAM Umbulan di Kabupaten Pasuruan
The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

The Voice of Peace Official Video by Maria Stefanie

iGuides

  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05
  • Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    Ambience Unik, The Junction House Seminyak Terekomendasi 5 Star dari iGuides
    02/09/2019 - 18:24
  • Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    Pelayanan Prima Platinum Adisucipto Hotel & Conference, iGuides Berikan Recommended 5 Star
    26/07/2019 - 20:00
  • Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    Hotel Savana Malang Got Five Stars from iGuides
    25/05/2019 - 23:20

KOPI TIMES

  • Gerakan Menguatkan ”Rumah Kita”
    Gerakan Menguatkan ”Rumah Kita”
    19/06/2021 - 11:12
  • Konsep Dasar Filsafar Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pemikiran Ibnu Taimiyah
    Konsep Dasar Filsafar Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pemikiran Ibnu Taimiyah
    19/06/2021 - 09:33
  • Mendidik dengan (Mewujudkan) Pancasila
    Mendidik dengan (Mewujudkan) Pancasila
    19/06/2021 - 00:22
  • 1001 Manfaat Kampus Merdeka
    1001 Manfaat Kampus Merdeka
    18/06/2021 - 23:08
  • UUCK dan Semangat Penyelesaian Legalitas Perkebunan
    UUCK dan Semangat Penyelesaian Legalitas Perkebunan
    18/06/2021 - 19:35
  • Hate Speech Hati-hati Menggunakan Jarimu
    Hate Speech Hati-hati Menggunakan Jarimu
    18/06/2021 - 18:38
  • Berguru Ke Driyarkara dan Parson
    Berguru Ke Driyarkara dan Parson
    18/06/2021 - 11:28
  • Pendidikan vs Pelatihan
    Pendidikan vs Pelatihan
    18/06/2021 - 10:38

KULINER

  • Hidangan Tinggi Serat dan Rendah Lemak, Ini Resep Sayur Oyong
    Hidangan Tinggi Serat dan Rendah Lemak, Ini Resep Sayur Oyong
    19/06/2021 - 05:25
  • Promo Asian Feast Jadi Menu Andalan Baru di Grand Ambarrukmo Yogyakarta
    Promo Asian Feast Jadi Menu Andalan Baru di Grand Ambarrukmo Yogyakarta
    16/06/2021 - 16:48
  • Kampung Adat Segunung, Desa Wisata Alam dengan Kekuatan Budaya Lokal
    Kampung Adat Segunung, Desa Wisata Alam dengan Kekuatan Budaya Lokal
    16/06/2021 - 07:45
  • Segarkan Siang Bersama Dessert Ala Timtong
    Segarkan Siang Bersama Dessert Ala Timtong
    15/06/2021 - 07:32
  • ASTON Kuta Hotel & Residence Sajikan “SUNSET BBQ is BACK”
    ASTON Kuta Hotel & Residence Sajikan “SUNSET BBQ is BACK”
    15/06/2021 - 03:12