Kuliner

Lebaran di Kota Batu dengan Kopi Toraja

Jumat, 21 Mei 2021 - 14:42 | 74.35k
Silaturahmi saat Lebaran lebih berkesan sambil menikmati Kopi Toraja. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Silaturahmi saat Lebaran lebih berkesan sambil menikmati Kopi Toraja. (Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Masih ditengah suasana lebaran, ngopi bareng nampaknya menjadi pilihan tepat saat bersilaturahmi bersama keluarga. Lantas kopi apa yang paling tepat dinikmati bersama? Kopi Toraja, bisa jadi pilihan.

Barista Kota Batu, Fris Wilen Weri Brata Sarambai merekomendasikan Kopi Toraja dengan berbagai keunggulannya. Kopi jenis ini sangat cocok untuk disajikan kepada keluarga.

"Kopi Toraja kalosi jenis Arabica dengan metode seduhan di tubruk selera Nusantara masih juara dan cocok disajikan saat lebaran ini," kata Wilen, Jumat (21/5/2021).

Kopi-Toraja-2.jpg

Kenapa kopi ini cocok disajikan, karena kopi ini beraroma wangi dan kuat serta memiliki rasa yang nikmat tentu saja membuat suasana semakin erat dan akrab.

Selain itu pengolahan kopi jenis ini sangat mudah, menggunakan metode seduh Indonesia tubruk bisa diolah oleh siapa pun juga dengan rasa yang mengena.

Mendapatkan kopi jenis ini sangat mudah didapatkan karena dipasaran banyak yang menjual dengan beragam ukuran, mulai 250 gram, 500 gram hingga 1000 gram.

"Diseduh di rumah tidak perlu peralatan khusus, baru kalau di cafe biasanya menggunakan 5 metode manual dan mesin kopi," ujarnya.

Kopi-Toraja-3.jpg

Lima metode tersebut bisa tubruk, V60, Vietnam Drip, Aeropres dan Shyphoncoffe.

Dalam kesempatan ini, Wilen memberikan tips membuat kopi, pertama lingkungan dan alat harus higienis,kemudian takaran atau gramasi sesuai dengan jenis kopi yg akan di seduh standartnya 1/15 yaitu 1 gr kopi berbanding dg 15cc air panas dengan suhu 85 - 100'C.

"Tapi kita harus bisa menyesuaikan dengan kondisi dan jenis kopi yang akan diseduh," ujarnya.

Ia menjelaskan, biasanya sebelum di hidangkan ada proses cupping atau tester dari tiap jenis kopi, jumlah,dan jenis rosting berbeda-beda untuk menemukan rasa yang nikmat sesuai selera. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES